//

PERANCANGAN SISTEM PENGENDALIAN ENERGI LISTRIK HYBRID PADA SOLAR HOME

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang ikram muddin - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) merupakan salah satu energi terbarukan yang paling sering diterapkan pada bangunan. Terdapat dua sistem instalasi untuk memanfaatkan energi tersebut yaitu sistem off-grid dan sistem on-grid. Kekurangan pada masing-masing sistem tersebut adalah pada sistem off-grid masih memerlukan baterai untuk menyimpan energi yang diproduksi serta kapasitas energi yang digunakan terbatas, pada sistem on-grid memerlukan tegangan jaringan listrik utama sebagai referensi acuan kerja yang jika terjadi gangguan (pemadaman) maka sistem PLTS pada bangunan tersebut tidak dapat digunakan. Pada penelitian ini merancang suatu sistem kehandalan energi pada rumah dengan memanfaatkan dua sumber daya listrik PLN dan Panel Surya secara on-grid dan off-grid serta pembebanan yang di kontrol oleh mikrokontroler. Mikrokontroler mengatur penggunaan beban listrik dengan menerapkan beberapa parameter waktu (Real Time Clock), serta sensor pada sistem backup baterai yaitu sensor tegangan DC. Pada hasil pengujian rancangan, sistem berhasil menangani permasalahan ketika sumber energi utama padam dengan cara pengalihan dari sistem on-grid menjadi sistem off-grid melalui penggunaan adaptor 5VDC yang menjadi referensi mikrokontroler. Sistem manajemen daya backup baterai memutuskan jalur beban listrik yang tidak menjadi priorotas pada saat tegangan baterai

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

WILLINGNESS TO PAY MASYARAKAT KOTA BANDA ACEH TERHADAP KETERSEDIAAN SOLAR HOME SYSTEM (SHS) DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN LISTRIK RUMAH TANGGA (Muhammad Yasar Daud, 2016)

RANCANG BANGUN ALAT PENGERING HYBRID TIPE RAK DENGAN SUMBER ENERGI MATAHARI DAN BIOMASSA (Zarida, 2015)

PERANCANGAN SISTEM KENDALI ROTASI SOLAR KOLEKTOR CEKUNG LINIER BERBASIS MIKROKONTROLER ATMEGA8535 (abdul haris nasution, 2014)

PERANCANGAN SEPEDA STATIS PENGHASIL LISTRIK (YONI MUSLIM, 2018)

ANALISIS SISTEM PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA ANGIN KOTA MEULABOH (Maidi Saputra, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy