//

STUDI KONDISI PENGASUHAN GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI PUSAT KONSERVASI GAJAH SAREE, ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Azura Novitri - Personal Name
Fakultas Fakultas FKIP
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: pengasuhan, Gajah Sumatera, Pusat Konservasi Gajah (PKG) Informasi tentang kondisi gajah di Pusat Konservasi Gajah (PKG) Saree, Aceh berkaitan dengan pengasuhan yang dapat mempengaruhi tingkat kesejahteraan satwa tersebut. Penelitian ini berupaya menjelaskan studi kondisi pengasuhan gajah dalam lingkungan domestikasi berdasarkan kriteria tertentu. Secara khusus penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kondisi pengasuhan Gajah Sumatera di PKG sesuai dengan tingkat kesejahteraan hewan di lingkungan domestikasi. Studi kondisi pengasuhan gajah dalam penelitian ini menggunakan 18 variabel yang mengacu pada lima prinsip kesejahteraan hewan, yaitu: populasi berkelompok, home range, makan, air, naungan, berkubang, istirahat, penggembalaan gajah, pakan tambahan, gajah mandi, pemeriksaan secara medis, pemeriksaan sampel darah, perawatan gajah sakit, perawatan gajah birahi, penanganan gajah betina bunting, perawatan anak gajah, bebas dari rasa takut dan tertekan, dan peralatan mahout. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Data primer dikumpulkan melalui triangulasi: observasi partisipatif, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Data sekunder diperoleh dari studi literatur. Data yang diperoleh kemudian dibagi ke dalam tiga kategori yaitu sesuai, kurang sesuai, dan tidak sesuai. Penghimpunan skor menggunakan skala Likert yaitu jawaban sesuai (diberi skor 3), kurang sesuai (diberi skor 2), dan tidak sesuai (diberi skor 1). Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Kondisi pengasuhan Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus) di PKG Saree, Aceh Besar termasuk kategori sesuai (total skor 44) dengan tingkat kesejahteraan di lingkungan domestikasi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KADAR HEMOGLOBIN DAN HEMATOKRIT GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI PUSAT KONSERVASI GAJAH (PKG) SAREE, ACEH BESAR (ayu andella agustina, 2016)

PEMERIKSAAN KEBERADAAN TELUR DAN LARVA NEMATODA PASCA PEMBERIAN ANTHELMINTIK PADA GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI CONSERVATION RESPONSE UNIT (CRU) SAMPOINIET ACEH JAYA (Syafriza Harlianda, 2017)

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI BAKTERI ENTERIK PADA FESES GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI PUSAT KONSERVASI GAJAH (PKG) SAREE ACEH BESAR (Fadli Amri, 2017)

PENANGANAN PAPILLOMA DENGAN METODE KAUTERISASI PADA GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) DI PUSAT KONSERVASI GAJAH TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS LAMPUNG (FERNANDO JOSE IMMANUEL CLINTON SITUMORANG, 2018)

DETEKSI KETON URIN GAJAH SUMATERA (ELEPHAS MAXIMUS SUMATRANUS) MENGGUNAKAN STRIP TEST DI PUSAT LATIHAN GAJAH SAREE ACEH BESAR (ERWANDA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy