//

PENERAPAN MEDIA PREZI PADA MATERI SISTEM RESPIRASI TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI SERIBU BUKIT KABUPATEN GAYO LUES

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yuliani Fitri - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Yuliani Fitri. 2016. Penerapan Media Prezi pada Materi Sistem Respirasi Terhadap Ketuntasan Belajar Siswa di SMA Negeri Seribu Bukit Kabupaten Gayo Lues. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Khairil, M. Si (2) Dr. Safrida, S. Pd., M.Si. Kata Kunci : Media Prezi, Sistem Respirasi, Ketuntasan Belajar Dalam proses pembelajaran, adakalanya guru dan siswa mengalami suatu hambatan dan permasalahan. Hambatan bagi siswa misalnya, siswa kesulitan dalam menangkap penjelasan dari guru tentang konsep atau materi yang bersifat sukar dengan metode mengajar konvensional, sehingga berpengaruh terhadap ketuntasan belajar siswa. Prezi adalah perangkat lunak (Software) untuk presentasi sebagai alat ukur untuk mengeksplorasi berbagai ide diatas kanvas virtual, software ini memiliki fitur unggul yaitu menggunakan Zooming User Interface, yang memungkinkan pengguna untuk memperbesar dan memperkecil tampilan media persentasi. Kelebihan dari software Prezi ini juga dapat mengintegrasikan obyek berupa teks, gambar, video serta media persentasi lainnya yang ditempatkan dalam sebuah media persentasi, sehingga dapat memudahkan siswa dalam memahami isi materi presentasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media prezi terhadap ketuntasan belajar siswa pada materi sistem respirasi di SMA Negeri Seribu Bukit Kabupaten Gayo Lues. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Rancangan penelitian menggunakan desain pretest-postest. Parameter dalam penelitian ini adalah hasil tes dan KKM (Kriteria Ketuntasan Minimum) yang telah diterapkan yaitu ≥ 80 dengan persentase ketuntasan 85%. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan rumus Uji-t untuk melihat peningkatan hasil belajar dan persentase ketuntasan klasikal untuk melihat persentase ketuntasan siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kedua kelas mengalami peningkatan hasil belajar dengan tingkat ketuntasan belajar klasikal siswa pada kelas eksperimen 95% sedangkan pada kelas kontrol 25%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan pembelajaran melalui media prezi yang diterapkan pada materi sistem respirasi dapat meningkatkan ketuntasan belajar siswa di SMA Negeri Seribu Bukit Kabupaten Gayo Lues.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM RESPIRASI MANUSIA DENGAN MENGGUNAKAN ALAT PERAGA DARI BAHAN SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMAN 7 BANDA ACEH (Lidya Sri Rizki, 2014)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MODEL INQUIRY BERBANTUAN MEDIA PREZI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFISISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 BANDA ACEH (INILE PINTE NATE, 2016)

PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BIOLOGI PADA SMP NEGERI DI KABUPATEN GAYO LUES (Husin Sabarudin, 2014)

PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PADA PEMBELAJARAN MATERI SISTEM PENCERNAAN PADA MANUSIA TERHADAP KETUNTASAN BELAJAR DI SMP NEGERI 1 SAWANG KABUPATEN ACEH SELATAN (ALZIKRI RAHMATILLAH, 2013)

PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIK DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI VERTEBRATA KELAS X SMA NEGERI 2 BUKIT KABUPATEN BENER MERIAH (Erna Rahmi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy