//

KONFLIK PERAN GANDA DAN STRES KERJA PADA KARYAWAN WANITA BANK BUMN DI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang T Syahrul Ramadhana - Personal Name

Abstrak/Catatan

Jumlah tenaga kerja wanita semakin meningkat tiap tahunnya. Wanita yang sudah menikah pun banyak yang memilih untuk bekerja agar ilmu yang diperoleh selama menempuh pendidikan dapat diaplikasikan dalam keseharian. Padahal wanita yang sudah menikah memiliki peran lainnya selain menjadi seorang karyawan, yaitu sebagai seorang istri dan seorang ibu dirumahnya. Banyaknya peran ini dapat memicu konflik peran ganda yang bisa berdampak dalam pekerjaannya dan menjadi stres kerja. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti secara empiris hubungan antara konflik peran ganda dengan stres kerja pada karyawan wanita yang bekerja pada bank-bank BUMN yang berada di Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah quota sampling. Sampel penelitian berjumlah 100 orang yang merupakan karyawan wanita pada bank-bank BUMN di Banda Aceh yang sudah menikah selama minimal 1 tahun. Alat ukur yang digunakan adalah Skala Work-Family Conflict and Family-Work Conflict yang dikembangkan oleh Netemeyer, Boles, dan McMurrian (1996) dan Skala Stres Kerja yang dikembangkan oleh Parker dan DeCotiis (1983). Hasil analisis data menggunakan teknik korelasi Pearson menunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,768 dengan nilai p = 0,00 (p < 0,05). Hal ini berarti bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara konflik peran ganda dengan stres kerja pada karyawan wanita bank BUMN di Banda Aceh. Artinya semakin tinggi konflik peran ganda, maka akan semakin tinggi pula tingkat stres kerja pada karyawan wanita bank BUMN di Banda Aceh. Kata kunci : konflik peran ganda, stres kerja, karyawan wanita, bank BUMN di Banda Aceh

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KONFLIK PERAN GANDA DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP MOTIVASI KERJA DANRNDAMPAKNYA TERHADAP KINERJA PERAWAT WANITARNRUMAH SAKIT UMUM DAERAH DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (HUSNAWATI, 2014)

PENGARUH FAKTOR KONFLIK PERAN, KELEBIHAN BEBAN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP STRES KERJA PERAWAT RUMAH SAKIT UMUM TEUNGKU PEUKAN ACEH BARAT DAYA (Hamdani, 2014)

KONFLIK PERAN GANDA DAN KOMITMEN ORGANISASI PADA PERAWAT WANITA DI RSUD DR. ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (T.muda Azlyansyah, 2017)

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSI DENGAN KONFLIK PERAN GANDA PADA POLWAN POLDA ACEH (Yulia Rahmadhani Q, 2017)

ANALISIS KONFLIK PERAN GANDA DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP MOTIVASI KERJA DAN IMPLIKASINYA PADA KINERJA PEGAWAI PEREMPUAN BADAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK ACEH (Chairil Amri, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy