//

PANDANGAN TOKOH MASYARAKAT TERHADAP KETERLIBATAN ULAMA DAYAH DALAM POLITIK PRAKTIS DI ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Bukhari - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK BUKHARI 2016 Pandangan Tokoh Masyarakat Terhadap Keterlibatan Ulama Dayah Dalam Politik Praktis di Aceh Besar Dr.Drs.Husaini Ibrahim, MA (xii., 56, pp., bibl., app) Keterlibatan ulama dayah dalam politik praktis melahirkan pandangan yang pro dan kontra di tengah-tengah masyarakat, pandangan yang pro setuju akan keterlibatan ulama dayah ke dalam politik praktis karena mampu menyalurkan setiap aspirasi masyarakat dengan lebih baik sedangkan pandangan yang kontra tidak setuju dengan keterlibatan ulama dayah ke dalam politik praktis karena akan mempengaruhi citranya sebagai ulama dan hilang kekarismatik para ulama. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pandangan tokoh masyarakat terhadap keterlibatan ulama dayah dalam Politik Praktis di Aceh Besar, pandangan tokoh masyarakat terhadap keterlibatan ulama dayah dalam politik serta melihat tujuan ulama dayah melibatkan diri dalam politik praktis. Data yang di perlukan dalam penulisan skripsi ini diperoleh melalui penelitian kepustakaan dan lapangan. Penelitian kepustakaan dilakukan dengan cara membaca buku teks, peraturan perundang-undangan, dan bahan bacaan lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini, sedangkan penelitian lapangan dilakukan dengan cara mewawancarai dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa keterlibatan ulama dayah dalam politik praktis di Aceh Besar ada keinginan dari ulama itu sendiri dan juga dapat dukungan dari sebahagian masyarakat. Hal ini terjadi karena ingin memperbaiki syariat islam di tengah-tengah masyarakat dan atas dasar untuk meningkatkan kesejahteraan pesantren serta memenuhi keinginan masyarakat banyak, sebahagian dari masyarakat Aceh Besar memandang suatu hal yang wajar ulama berpolitik untuk mewujudkan kepentingan-kepentingan masyarakat, sedangkan sebahagian lainnya menganggap ketika ulama terlibat dalam politik ia hanya akan mementingkan dirinya sendiri dan mampu merusak citranya sebagai ulama. Disarankan ketika ulama dayah masuk keranah politik praktis, hendaknya ulama dayah tersebut benar-benar mampu membawa politik ke arah yang lebih baik, sehingga citranya sebagai ulama masih tetap terjaga. Masyarakat diharapkan lebih mampu memahami politik dan mampu melihat sosok ulama dayah yang mampu menciptakan kesejahteraan umat yang lebih baik. Kata Kunci: Pandangan Masyarakat, Keterlibatan Ulama Dayah, Politik Praktis.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KETERLIBATAN ULAMA DALAM POLITIK (SUATU PENELITIAN TERHADAP PARTAI ACEH DAN PARTAI DAULAT ACEH DI ACEH BARAT DAYA) (riva rusda, 2014)

PARTISIPASI ULAMA DAYAH DALAM PARTAI POLITIK LOKAL ACEH (STUDI KASUS PADA DPC PNA,PA, DAN PDAKABUPATEN ACEH SELATAN) (Budiman Arif, 2018)

PENGARUH KETOKOHAN WALED HUSAINI TERHADAP PERILAKU PEMILIH ( SUATU PENELITIAN TERHADAP KEMENANGAN MAWARDI ALI-HUSAINI PADA PILKADA 2017 DI KECAMATAN INGIN JAYA, ACEH BESAR) (ANDIKA PHONNA AGAM, 2018)

AGAMA, POLITIK, DAN PEREMPUAN (STUDI TERHADAP KETERLIBATAN PEREMPUAN DALAM POLITIK PRAKTIS) (Susi Adila Sari, 2016)

PEMIKIRAN TEUNGKU MUHAMMAD DAHLAN AL FAIRUSY AL BAGHDADY TENTANG KONSEP KEPEMIMPINAN POLITIK (PUBLIK) (Cut Kamilah Alfarhany, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy