//

PERBANDINGAN BIAYA PEMBORAN DAN PELEDAKAN MENGGUNAKAN BLASTING SERVICE DAN SWAKELOLA DALAM PENAMBANGAN BANKO BARAT PIT 2 PT. BUKIT ASAM (PERSERO), TBK, UNIT PENAMBANGAN TANJUNG ENIM SUMATERA SELATAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Mairia Ulfa Khatimmah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Sebagian besar perusahaan tambang batubara di Indonesia menggunakan jasa kontraktor tambang dalam mengelola sumber dayanya. Salah satu kegiatan yang ada di industri pertambangan adalah kegiatan peledakan. Kegiatan peledakan biasanya digunakan untuk memberaikan material keras. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan biaya pemboran dan peledakan yang akan dikeluarkan perusahaan dengan menggunakan jasa kontraktor tambang atau swakelola. Berdasarkan hasil penelitian, biaya pemboran dan peledakan menggunakan drilling dan blasting service lebih mahal jika dibandingkan dengan proses pemboran dan peledakan yang dikelola langsung oleh perusahaan. Untuk biaya pemboran dengan swakelola, PTBA akan menghemat biaya 31%. Kegiatan peledakan di PTBA menggunakan dua bahan peledak yaitu ANFO dan Emulsion. Kegiatan peledakan dengan swakelola menggunakan bahan peledak ANFO, akan menghemat biaya 64% sedangkan untuk bahan peledak emulsion akan menghemat biaya 26%. Untuk tahun 2017, perusahaan akan menggunakan drilling dan blasting service menggunakan bahan peledak emulsion. Kata Kunci: Drilling Service, Blasting Service, Swakelola.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN BIAYA PENAMBANGAN DALAM MEMENUHI TARGET PRODUKSI BATU BARA DI WILAYAH PENAMBANGAN BANKO BARAT PT BUKIT ASAM (PERSERO) TBK TANJUNG ENIM SUMATERA SELATAN (YUSFAIZI ADITIA, 2018)

PERENCANAAN SLEWING SHIFTING PADA JALUR BELT CONVEYOR CD 03/24 DI UNIT MUARA TIGA BESAR UTARA PT BUKIT ASAM (PERSERO), TBK (Alimnur, 2018)

EVALUASI JAM KERJA EFEKTIF DAN KESERASIAN KERJA ALAT GALI MUAT KOMATSU PC 800 SE DENGAN ALAT ANGKUT SCANIA P 420 PADA PENAMBANGAN BATU BARA PIT 1 TIMUR BANKO BARAT PT BUKIT ASAM (PERSERO) TBK (MUHAMMAD FADHIL, 2018)

OPTIMALISASI LERENG GALIAN BANKO BARAT PIT 2 TAHUN 2016 DI PT. BUKIT ASAM (PERSERO), TBK. UNIT PERTAMBANGAN TANJUNG ENIM, PROVINSI SUMATERA SELATAN (Zati Hulwani, 2016)

UPAYA PENGURANGAN TINGKAT GETARAN TANAH AKIBAT PELEDAKAN BERDASARKAN EVALUASI GEOMETRI DENGAN RADIUS 1700 M PADA LAPISAN INTERBURDEN PIT 2 BANKO BARAT TERHADAP PERUMAHAN WARGA DI SEKITAR PT. BUKIT ASAM (PERSERO) TBK, TANJUNG ENIM, SUMATERA SELATAN (NIA ASRIANTI, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy