//

PERSEPSIMAHASISWAILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA TERHADAP PENCALONAN MUZAKIR MANAF SEBAGAI CALON GUBERNUR ACEH PADAPILKADA TAHUN2017

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang T. EVAN AQSHAR - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pemilihan gubernur dan wakil gubernur Aceh tahun 2017 menghadirkan kontestan politik yang bervariasi, mulai dari kalangan pengusaha, politisi, dan sebagainya. Hal menarik pada pilkada tahun 2017 mendatan ialah kembali bertarungnya calon gubernur yang sebelumnya adalah wakil gubernur dari Zaini Abdullah yaitu Muzakir Manaf (Mualem) mantan panglima kombatan GAM dari partai Aceh (PA), Mualem merupakan calon kandidat yang begitu populer dibandingkan calon kandidat-kandidat yang lainnya, hal ini memunculkan pendapat atau pandangan pro dan kontra dikalangan mahasiswa, khususnya mahasiswa ilmu politik Universitas Syiah Kuala. Tujuan penulisan ini untuk mengetahui pandangan atau persepsi mahasiswa ilmu politik terhadap calon gubernur Aceh Muzakir Manaf (Mualem) disebabkan oleh faktor isu-isu di media massa, track record Mualem, dan pengaruh koalisi partai pengusung, serta daya tarik atau minat mahasiswa ilmu politik terhadap Mualem sebagai calon gubernur Aceh pada pemilihan kepala daerah tahun 2017. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini menggunakan metode penelitian campuran (mixed methodology) dengan menggunakan teknik purposive sampling yang didapatkan melalui penelitian kepustakaan dan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap calon gubernur Muzakir Manaf di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala berpendapat negatif terhadap pencalonan Muzakir Manaf sebagai calon gubernur Aceh pada pilkada tahun 2017. Mahasiswa ilmu politik juga tidak menaruh minat atau tertarik dengan pencalonan Muzakir Manaf sebagai gubernur Aceh apalagi dengan memberikan pilihannya pada pilkada tahun 2017. Mahasiswa ilmu politik juga memandang kegagalan-kegagalan Muzakir Manaf selama menjabat sebagai wakil gubernur periode tahun 2012-2017, serta tingkat kemampuan Mualem dalam bidang pemerintahan. Disarankan kepada elit politik pengusung Muzakir Manaf untuk membangun simpatik masyarakat terutama membangun simpatik dari kalangan mahasiswa pada pemilihan kepala daerah tahun 2017. Disarankan juga untuk tim pemenangan Rakan Mualem harus berusaha menjelaskan dan mengklarifikasi tentang isu-isu negatif terhadap Mualem sendiri. Kata kunci: persepsi mahasiswa, Muzakir Manaf, Pemilihan kepala daerah.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS WACANA KRITIS BERITA PENCALONAN MUZAKIR MANAF PADA PILKADA ACEH 2017 DI MEDIA HARIAN SERAMBI INDONESIA (Saifannur, 2016)

STRATEGI PEMENANGAN PASANGAN MUZAKIR MANAF – T A KHALID PADA PILKADA 2017 DI ACEH SELATAN (STUDI PERBANDINGAN ANTARA KECAMATAN PASIE RAJA DENGAN KECAMATAN TAPAKTUAN) (Muhammad Afdhal Nasir, 2018)

PERBANDINGAN STRATEGI POLITICAL MARKETING PASANGAN IRWANDI YUSUF - NOVA IRIANSYAH DENGAN MUZAKIR MANAF - TA KHALID PADA PILKADA ACEH 2017 (ANDRI SUSARNO, 2018)

STRATEGI RAKAN MUALEM DALAM MENINGKATKAN ELEKTABILITAS MUZAKIR MANAF SEBAGAI CALON GUBERNUR ACEH PADA PILKADA TAHUN 2017 (Ronita Yulia Sari, 2017)

FAKTOR-FAKTOR KEMENANGAN MUZAKIR MANAF-TA KHALID DALAM PEMILIHAN GUBERNUR ACEH PADA PILKADA TAHUN 2017 DI ACEH SELATAN (Muhammad Luthfi, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy