//

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB KREDIT MACET OLEH NASABAH SEKTOR USAHA AGRIBISNIS (STUDI KASUS PADA BPR ACEH BESAR)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang kurnia maiza satria - Personal Name
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik peminjam kredit BPR Aceh Besar pada sektor usaha agribisnis yang mengalami kredit macet, dan untuk mengetahui Faktor yang menyebabkan kredit macet oleh pelaku usaha agribisnis pada BPR Aceh Besar.Lokasi penelitian ini adalah di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Aceh Besar Jln. Banda Aceh Medan KM. 9 NO.5 Lambaro Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar.Objek dalam penelitian ini adalah nasabah BPR Aceh besar yang mengalami penunggakan pengembalian kredit khususnya pada nasabah usaha agribisnis dalam penelitian ini pengaruh penunggakan pengembalian kredit disebabkan oleh beberapa faktor meliputi: umur peminjam, pengalaman usaha, jumlah tanggungan keluarga, tingkat pendidikan, dan omset usaha. Hasil penelitian menunjukkan karakteristik responden yang mengalami kredit macet di BPR Aceh Besar rata-rata berumur 37 tahun, dengan tingkat pendidikan tamatan SMP, mempunyai pengalaman dalam usaha berdagang rata-rata 12 tahun dan jumlah tanggungan yang dimiliki sebanyak 2 orang. Dengan jenis pekerjaan utama yaitu pedagang sayuran dan kelontong. Bila dilihat dari tahun mulainya usaha ini yang terbanyak yaitu 2009 dengan jumlah 4 orang dan paling lama tahun 2004 sebanyak 1 orang. Sedangkan hasil analisis memperlihatkan bahwa faktor umur, dan tingkat pendidikan mempunyai hubungan negatif terhadap terjadinya kredit macet, sedangkan tingkat pengalaman usaha, tanggungan dan omset usaha mempunyai hubungan positif terhadap penyebab kredit macet oleh pedagang di sektor agribisnis. Kata Kunci : Kredit Macet, Nasabah, Sektor Agribisnis,

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENYELESAIAN KREDIT MACET PADA PERJANJIAN KREDIT MODAL KERJA DI PT BANK YUDHA BHAKTI, TBK CABANG MEDAN (Reza Pahlevi, 2015)

PENYELESAIAN KREDIT MACET MODAL KERJA PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) TBK., CABANG PEMBANTU PEUNAYONG BANDA ACEH (Popi Karmila, 2016)

PEMANFAATAN KREDIT MODAL USAHA DARI PT. BRI UNIT RNLABUHANHAJIRN(SUATU PENELITIAN PADA MASYARAKAT DI KECAMATAN LABUHANHAJI RNKABUPATEN ACEH SELATAN) (Fizia Mayelli, 2014)

PERANAN BANK ACEH DALAM PENGAWASAN NASABAH DEBITUR UNTUK MENCEGAH KREDIT MACET (SUATU PENELITIAN PADA KANTOR PUSAT OPERASIONAL BANK ACEH DI BANDA ACEH) (Lifa Datun Nisa, 2015)

PROSEDUR PENYELESAIAN KREDIT MACET PADA PD. BPR MUSTAQIM SUKAMAKMUR KPO BANDA ACEH (Herawati, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy