//

PENGARUH KARAKTER NAMA SSID WI-FI TERHADAP SERANGAN DICTIONARY ATTACK PADA WPA-PSK DAN WPA2-PSK

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang fahzul firdaus - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kebutuhan internet berbasis nirkabel (wireless) saat ini menjadi sarana yang banyak digunakan. Hal ini dipengaruhi oleh kemudahan dan kepraktisan dalam penggunaannya. Pada perangkat wireless saat ini sudah menerapkan keamanan Wi-Fi Protected Access (WPA/WPA2) yang mampu menjaga kemanan jaringan lebih baik dari Wired Equivalent Privacy (WEP). Pada WPA menerapkan enkripsi data Temporal Key Integrity Protocol (TKIP) dan WPA2 menggunakan enkripsi Advanced Encryption Standard (AES). Keamanan WPA/WPA2 menerapkan preshared key (PSK) sebagai sistem autentikasi sebagai penghubung client dengan wireless access point (WAP). Dengan memanfaatkan sistem autentikasi ini, keamanan jaringan tersebut dapat dieksploitasi oleh pihak yang tidak berhak untuk mendapatkan service set identifier (SSID) dan passphrase. Dalam penelitian ini membahas pengaruh penggunaan karakter nama SSID terhadap keamanan wireless dari serangan dictionary attack. Hal ini dikarenakan selain passphrase, SSID merupakan salah satu parameter yang diperlukan untuk dapat mendekripsi pesan yang terenkripsi pada jaringan wireless dengan mode pengamanan WPA/WPA2. Hasil yang didapat dari pengujian pengaruh karakter nama SSID baik menggunakan karakter huruf, angka, special character dan kombinasinya pada keamanan wireless terhadap serangan dictionary attack tidak berpengaruh. Namun SSID dan passphrase WAP diperlukan untuk menghitung nilai preshared key (PSK/PMK) yang digunakan pada traffic komunikasi antara client dan access point saat melakukan autentikasi. Kata Kunci : Wireless, SSID, Preshared Key, Dictionary Attack.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PANJANG DAN TIPE KUNCI TERHADAP SISTEM KEAMANAN WIRELESS PROTECTED ACCESS II (WPA2) MENGGUNAKAN METODE SERANGAN DICTIONARY ATTACK (Rijalul Akram, 2016)

PENGUJIAN DAN ANALISIS KEAMANAN WPA2 DAN SIGNAL STRENGTH PADA ROUTER BERBASIS OPENWRT (Syarif Maulana, 2017)

PENERAPAN SISTEM AUTENTIKASI PADA JARINGAN WIRELESS DENGAN MENGGUNAKAN FREERADIUS DAN SECURITY WPA2-EAP (Ryan Setiawan, 2016)

PENGARUH BLACK HOLE ATTACK TERHADAP KINERJA ROUTING PROTOKOL AODV DAN AOMDV PADA JARINGAN VANETS (Qodri Yuhardian, 2015)

KERAGAAN BEBERAPA GENOTIPE PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) DAN PENDUGAAN PARAMETER GENETIK KETAHANAN TERHADAP HAMA KUTU PUTIH (PARACOCCUS MARGINATUS) DI PEMBIBITAN (Fitri Wahyuni, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy