//

ADAPTASI SOSIAL MAHASISWA ASAL PAPUA DENGAN MAHASISWA LOKAL DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Miswar Efendi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mahasiswa Papua mengikuti program Pemerintah daerah Papua yaitu Unit Percepatan Pembangunan Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat (UP4B). Sebagai pendatang dengan keadaan minoritas di lingkungan yang baru, mahasiswa Papua berupaya untuk mampu beradapatasi dengan lingkungan kampus Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan upaya adaptasi sosial mahasiswa Papua di Unsyiah. Penelitian ini menggunakan teori Adaptasi Sosial dari Sarjono Soekanto dan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan wawancara mendalam. Analisis data yang digunakan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa adaptasi sosial mahasiswa Papua di Unsyiah yang dikaji dari teori Sarjono Soekanto dapat disimpulkan bahwa siswa Papua menggunakan upaya adaptasi dalam berkomunikasi, bergaul serta berperilaku dengan mahasiswa lokal untuk menghadapi perbedaan di lingkungan yang baru. Pentingnya adaptasi dilakukan oleh mahasiswa Papua ialah untuk menghadapi resistensi atau penolakan, kemudian melakukan adaptasi dalam interkasi sosial juga berguna untuk digunakan mencari kesamaan di lingkungan yang baru. Adaptasi lebih dominan dilakukan oleh mahasiswa Papua dalam dalam menghadapi perbedaan. Kata Kunci : Adaptasi, Sosial.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA ASAL PAPUA YANG MENGIKUTI PROGRAM AFIRMASI DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Rahmadi Pribadi Muclis, 2017)

STRATEGI ADAPTASI TERHADAP CULTURE SHOCK PADARNMAHASISWA PAPUAYANG MENEMPUH PENDIDIKAN RNDI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Gina Sonia Sihombing, 2015)

IDENTITAS BUDAYA MAHASISWA ASAL PAPUA DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA (STUDI KOMUNIKASI ANTARBUDAYA) (Nurrahmad Siddiq, 2016)

POLA INTERAKSI SOSIAL MAHASISWA LUAR ACEH DAN MAHASISWA ACEH DI FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA (Hajiah, 2018)

KETERBUKAAN DIRI DALAM KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MAHASISWA ASAL PAPUA DI UNIVERSITAS SYIAH KUALA BANDA ACEH (Juniar Muharramah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy