//

KONTRIBUSI LEMBAGA BAITUL MAL TERHADAP MASYARAKAT BANDA ACEH, 1973-2015

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurrama Yuni - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Kontribusi, Baitul Mal, Kota Banda Aceh. Skripsi ini berjudul “Kontribusi Lembaga Baitul Mal Terhadap Masyarakat Banda Aceh, 1973 – 2015”,maka tujuan penelitian ini adalah (1) menjelaskan sejarah berdirinya lembaga Baitul Mal Kota Banda Aceh, (2) menganalisis kontribusi yang diberikan lembaga Baitul Mal Kota Banda Aceh dalam pengelolaan zakat masyarakat Kota Banda Aceh, 1973 – 2015, dan (3) mendeskripsikan factor-faktor penghambat perkembangan lembaga Baitul Mal Kota Banda Aceh, 1973 – 2015. Skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian sejarah, yang terdiri dari lima prosedur kerja yaitu, pemilihat tema, heuristik, verifikasi, interpretasi, historiografi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, studi kepustakaan, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Lembaga Baitul Mal di Provinsi Aceh dimulai sejak dibentuknya suatu Badan Penertipan Harta Agama, kemudian BPHA berubah menjadi Badan Harta Agama, selanjutnyadiubah menjadi Badan Amil Zakat Infaq dan Sedekah, pada tahun 2004 BAZIS berubah lagi menjadi BAITUL MAL, (2) Baitul Mal Kota Banda Aceh telah memberikan kontribusi besar bagi masyarakat, khusunya para penerima zakat. di antaranya: bantuan sarana dan operasional lembaga pendidikan pada masyarakat kurang mampu, membangun tempat peribadatan, bantuan publikasi untuk penguatan aqidah, bidang pendidikan Baitul Mal Banda Aceh berupa pemberian bea siswa kepada siswa berprestasi dan tidak mampu jenjang SD, SMP, SMA, S1 dan S2. (3) Penghambat perkembangan Baitul Mal Kota Banda Aceh ialah ketidakmampuan Baitul Mal dalam memungut harta zakat terhadap para Muzakki (wajib zakat), kurang efektif dalam menjalankan fungsi dan tugasnya serta Ekssostensi Provinsi Aceh yang bukan negara Islam. Agar Baitul Mal Kota Banda Aceh berjalan sesuai dengan visi dan misinya, maka disarankan pihak petugas terus meningkatkan kinerjanya dalam mengelola harta yang dipercayakan oleh masyarakat kepada lembaga ini, Saran untuk Baitul Maal Kota Banda Aceh adalah agar secara terus menerus melakukan perbaikan – perbaikan operasional dan selalu berinovasi dengan program-program pelaksanaan baik pelaksanaan penghimpunan dana maupun pendistribusiannya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEBIJAKAN BAITUL MAL KOTA BANDA ACEH DALAM PENGENTASAN KEMISKINAN (Alfri Sinulingga , 2014)

ANALISIS EFISIENSI PENGELOLAAN DANA ZAKAT PADA BAITUL MAL PROVINSI ACEH (Eka Afrida, 2017)

PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI RNINSTITUSI BERBASIS AGAMARN(STUDI PADA BAITUL MAL KABUPATEN ACEH BESAR) (Putriana, 2015)

ANALISIS PEMANFAATAN DANA BAITUL MAL ACEH DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI MASYARAKAT DI PROVINSI ACEH (Agya Dicky Oktriea, 2014)

MANAJEMEN PEMBIAYAAN DAN PELAPORAN KEUANGAN PROGRAM MICROFINANCE SYARIAH BERBASIS MASYARAKAT (MISYKAT) DI LEMBAGA KEUANGAN MIKRO SYARIAH BAITUL MAL ACEH (Nurul Fajri, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy