//

TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA GURU DAN MURID SDN 16 (UKGS) DAN SDN 46 (TANPA UKGS) DI KOTA BANDA ACEH.

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhajir, SKG - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pengetahuan di bidang kesehatan gigi dan mulut memberikan pemahaman bagaimana melakukan pemeliharaan serta usaha pencegahan penyakit gigi dan mulut. Guru dapat berperan sebagai sumber informasi bagi murid sehingga diharapkan memiliki pengetahuan yang cukup tentang kesehatan gigi dan mulut yang diterapkan dalam program UKGS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada guru dan murid di sekolah dasar dengan UKGS dan tanpa UKGS. Jenis penelitian adalah deskriptif. Teknik pengambilan subjek menggunakan metode total sampling dengan total subjek penelitian yang memenuhi kriteria inklusi yaitu 39 guru dan 80 murid, terdiri dari 24 guru dan 64 murid di SDN 16 (UKGS) dan 15 guru dan 16 murid di SDN 46 (Tanpa UKGS). Pengukuran tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut pada guru dan murid di SDN 16 (UKGS) dan SDN 46 (Tanpa UKGS) memiliki kategori baik dengan persentase 87,5% untuk guru dan 82,8% untuk murid di SDN 16 (UKGS) dan 80% untuk guru dan 68,8% untuk murid di SDN 46 (Tanpa UKGS). Kata kunci: UKGS, Pengetahuan, Guru, Murid .

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TINGKAT PENGETAHUAN KESEHATAN GIGI DAN MULUT PADA GURU DAN MURID SDN 16 (UKGS) DAN SDN 46 (TANPA UKGS) DI KOTA BANDA ACEH (muhajir, 2013)

TINGKAT PENGETAHUAN GURU MENGENAI KESEHATAN GIGI DAN STATUS KARIES GIGI MURID SEKOLAH DASAR DENGAN UKGS DAN TANPA UKGS (STUDI PADA SDN 16 DAN SDN 49 BANDA ACEH) (Diva Farahiyah Ikenasya, 2017)

KEBERHASILAN PROGRAM USAHA KESEHATAN GIGI SEKOLAH (UKGS) DITINJAU DARI PERAN GURU DAN PERILAKU MURID SDN 54 TAHIJA BANDA ACEH (Novria Dessy, 2014)

INDEKS KARIES GIGI SISWA KELAS V SD UKGS DAN TANPA UKGS DI KOTA BANDA ACEH (Oki Tristanty, 2016)

HUBUNGAN PERAN ORANG TUA TERHADAP INDEKS DMF-T SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN UKGS (STUDI PADA SDN 20 KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH) (suci mentari, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy