//

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PELUANG DI KELAS XI IPA SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang fatahillah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pengunaan model pembelajaran dalam proses belajar mengajar menjadi faktor penting untuk mencapai ketuntasan belajar Kata kunci : Model pembelajaran Problem Based learning, Hasil Belajar, Peluang Pengunaan model pembelajaran dalam proses belajar mengajar menjadi faktor penting untuk mencapai ketuntasan belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang mengembangkan cara belajar siswa aktif adalah model pembelajaran Problem Based Learning. Dengan menerapkan model pembelajaran ini diharapakn hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika mengalami peningkatan dan semua siswa tuntas dalam semua mata pelajaran dan materi khususnya matematika pada materi peluang. Peluang merupakan salah satu materi yang dipelajari di SMA dan menjadi materi yang diikut sertakan pada ujian nasional. Selain itu materi Peluang juga dapat diaplikasikan pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa dan perkembangan kemampuan siswa pada materi Peluang melalui penerapan model pembelajaran Problem based learning. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian one-shot case study jenis tes awal dan tes akhir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Inshafuddin Banda Aceh. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, Lembar Observasi aktivitas siswa, dan angket respon siswa. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t satu pihak (uji pihak kanan) dengan taraf signifikan 0,05 dan dk = 24, dengan mula-mula menguji normalitas data, dari hasil perhitungan didapat X2hitung < X2tabel, yakni 1.79 < 5.99 data berdistribusi normal sehingga uji-t bisa dilakukan. Hasil yang diperoleh adalah t_hitung>t_tabel yakni 6.36 > 1.71 dengan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Problem based learning hasil belajar siswa dapat melebihi KKM pada materi Peluang di kelas XI IPA SMA Inshafuddin Banda Aceh dan ada perkembangan kemampuan siswa di setiap pertemuannya.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH AKTIVITAS SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI INTEGRAL TAK TENTU FUNSI ALAJABAR DI KELAS XI SMA LABORATORIUM UNSYIAH (Fitria Rahmita Sari, 2016)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PELUANG KELAS X SMA NEGERI MODAL BANGSA ACEH BESAR (Jannati, 2016)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA DI SMP NEGERI 2 KUTA BARO (Vira Afrinanda, 2015)

PERBANDINGAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA YANG MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM-BASED LEARNING DAN PENDEKATAN KONVENSIONAL DI KELAS X SMA RNINSHAFUDDIN BANDA ACEH (Rizki Rahayu, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) DALAM MATERI PELUANGRNDI KELAS VII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH (Maulidar, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy