//

PENGARUH KONSENTRASI NANOEMULSI MINYAK PALA DAN GLISEROL TERHADAP KARAKTERISTIK EDIBLE FILM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Luthfan Putra Irwanda - Personal Name

Abstrak/Catatan

PENGARUH KONSENTRASI NANOEMULSI MINYAK PALA DAN GLISEROL TERHADAP KARAKTERISTIK EDIBLE FILM Luthfan Putra Irwanda1, Yuliani Aisyah2, Novi Safriani2 1Mahasiswa Fakultas Pertanian Unsyiah – Banda Aceh 2Staf Pengajar Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Unsyiah, Banda Aceh ABSTRAK Edible film merupakan kemasan primer, bersifat biodegradable dan dapat dimakan. Bahan baku pembuatan edible film adalah hidrokoloid, lipida dan komposit. Edible film berbahan pati memiliki resistensi yang rendah terhadap air dan uap air sehingga mudah rusak oleh air. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan formula terbaik dan pengaruh konsentrasi nanoemulsi minyak pala dan gliserol terhadap karakteristik edible film. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) faktorial yang terdiri atas 2 faktor. Faktor pertama yaitu konsentrasi nanoemulsi minyak pala (M) yang terdiri atas 3 (tiga) taraf yaitu M1 = 1%, M2 = 2%, dan M3 = 3% v/vtotal. Faktor kedua adalah konsentrasi gliserol (G) yang terdiri atas 3 (tiga) taraf yaitu G1 = 10%, G2 = 20%, dan G3 = 30% b/bpati jagung. Setiap perlakuan diulang sebanyak 3 kali sehingga terdapat 27 satuan percobaan. Analisis yang dilakukan meliputi: analisis ketebalan, kuat tarik, elongasi, modulus young, dan uji fourier transform infrared spectroscopy (FTIR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi konsentrasi nanoemulsi minyak pala dapat meningkatkan ketebalan edible film. Semakin tinggi konsentrasi gliserol, maka meningkatkan ketebalan dan elongasi edible film, tetapi menurunkan modulus young edible film. Perlakuan terbaik diperoleh pada edible film dengan konsentrasi nanoemulsi minyak pala 1% dan konsentrasi gliserol 30%. Kata kunci : Edible film, nanoemulsi minyak pala, gliserol

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH JENIS GELATIN DARI KULIT DAN TULANG IKAN (LEUBIM (CANTHIDERMIS MACULATA) DAN NILA (OREOCHROMIS NILOTICUS)) SERTA KONSENTRASI GLISEROL DAN SORBITOL TERHADAP KARAKTERISTIK EDIBLE FILM (EVI HARDIANTI, 2017)

STUDI PEMBUATAN EDIBLE FILM DARI PATI UBI JALAR UNGU (IPOMEA BATATAS L. POIR) SEBAGAI KEMASAN PADA DODOL (Resa Liona, 2016)

PENGARUH JENIS DAN KONSENTRASI PENSTABIL TERHADAP STABILITAS DAN KARAKTERISTIK NANOEMULSI MINYAK PALA (Ayu Simah Bengi, 2017)

KOMBINASI PATI JANENG-KITOSAN DENGAN BAHAN PENGAWET ALAMI KUNYIT DAN ASAM ASKORBAT SEBAGAI EDIBLE COATING (KHAIRANI, 2018)

PENGARUH JENIS DAN KONSENTRASI CAMPURAN PENSTABIL TERHADAP KARAKTERISTIK NANOEMULSI MINYAK PALA (Richa Maryandina, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy