//

KARAKTERISASI MORFOLOGI DAN PENDUGAAN PARAMETER GENETIK BEBERAPA GENOTIPE PEPAYA (CARICA PAPAYA L.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang rahmatillah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter morfologi dan pendugaan parameter genetik beberapa genotipe pepaya serta mengetahui hubungan kekerabatan antar genotipe-genotipe pepaya yang diuji. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) faktor tunggal dengan 3 ulangan, setiap satuan percobaan terdiri dari 2 tanaman sehingga terdapat 42 tanaman. Faktor yang diuji adalah 7 genotipe pepaya, yaitu: Bontang, Calina, Carmida, Carisya, Dapina Hibrida 2x1 dan Ponti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa genotipe berpengaruh nyata terhadap beberapa karakter morfologi pepaya, yaitu: panjang bunga, tinggi tanaman, panjang petiol, diameter petiol, panjang daun, lebar daun, umur panen, berat buah utuh dan berat 100 biji. Terdapat keragaman genetik yang luas pada karakter umur panen, panjang bunga, diameter bunga dan umur berbunga. Heritabilitas dan kemajuan genetik harapan tinggi pada seluruh karakter yang diamati kecuali pada karakter umur berbunga yang mempunyai nilai kemajuan genetik harapan sedang. Hasil uji gerombol (klasterisasi) diperoleh dua klaster besar dari 7 genotipe yang diujikan. Kata Kunci: Karakterisasi, Parameter Genetik, Genotipe, Pepaya

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KARAKTERISASI MORFOLOGI DAN KIMIAWI BEBERAPA GENOTIPE BUAH PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) (Farah Octaviani, 2018)

KERAGAAN DAN PENDUGAAN PARAMETER GENETIK BEBERAPA GENOTIPE PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) HASIL PERSILANGAN (Muslem, 2017)

APLIKASI EKSTRAK BUAH PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) SEBAGAI ALTERNATIF BAHAN BLEACHING ALAMI DITINJAU DARI PERUBAHAN WARNA DAN GAMBARAN MIKROSKOPIS PADA EMAIL GIGI (FLORENCIA LISADI, 2017)

KERAGAAN DAN PARAMETER GENETIK HASIL PERSILANGAN BEBERAPA GENOTIPE PEPAYA (CARICA PAPAYA L.) (RAHAYU EKA SARI, 2018)

PENGARUH PEMBERIAN GETAH BUAH PEPAYA (CARICA PAPAYA, L.) DAN POVIDONE IODINE TERHADAP LAMA KESEMBUHAN LUKA KASTRASI PADA KUCING (FELIS DOMESTICA) JANTAN (Riani Desky, S.KH, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy