//

TINGKAT KECUKUPAN GIZI PEKERJA BERDASARKAN POLA MAKAN DAN JENIS PEKERJAAN DI DESA LAM ALUE RAYA KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang SAFRIDAYANTI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Safridayanti. 2016. Tingkat Kecukupan Gizi Berdasarkan Pola Makan dan Jenis Pekerjaan di Desa Lam Alue Raya Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Asiah M.D., M.P. (2) Yuli Heirina Hamid, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Tingkat Kecukupan Gizi, Pola Makan, Jenis Pekerjaan, Kecamatan Kuta Baro Aceh Besar. Desa Lam Alue Raya termasuk dalam wilayah pemukiman Leupung Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Desa ini memiliki tingkat ekonomi sosial yang beragam. Saat ini, pengaturan pola makan masyarakat masih kurang jika dilihat dari status gizi dan angka kecukupan gizi, masalah ini harus segera diatasi dengan peningkatan pola makan yang seimbang sehingga diperlukannya penanganan secara khusus tentang gizi dan pola makan bagi pekerja menurut pekerjaanya. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecukupan gizi pekerja berdasarkan pola makan dan jenis pekerjaan di Desa Lam Alue Raya Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei yang bersifat deskriptif, yaitu melihat Tingkat kecukupan gizi pekerja berdasarkan pola makan dan jenis pekerjaan di desa Lam Alue Raya kecamatan Kuta Baro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei. Parameter dalam penelitian ini adalah pola makanan dan jenis pekerjaan pekerja. Data hasil pengamatan dianalisis menggunakan analisis Chi Square pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan Hasil analisis data , temuan penelitian ini dapat dikemukakan sebagai berikut. Penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan tingkat kecukupan gizi berdasarkan pola makan yaitu X2hitung< X2tabel, 1,554 < 3,84 dan jenis pekerjaan pada masyarakat yaitu X2hitung > X2tabel, 33,65 > 3,84 di Desa Lam Alue Raya Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar. Simpulan penelitian ini bahwa masyarakat di desa Lam Alue Raya Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar, tingkat kecukupan gizinya tidak terpenuhi, berdasarkan pola makan, tetapi berdasarkan jenis pekerjaan sudah terpenuhi. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada masyarakat agar mengkonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan agar kebutuhan energi serta zat gizi lainnya terpenuhi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KECUKUPAN GIZI PADA IBU MENYUSUI DI DESA ANEUK PAYA KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (Maulia Fitri, 2017)

PENGARUH PENGETAHUAN GIZI IBU TENTANG POLA MAKAN TERHADAP STATUS GIZI BALITA DI DESA MEUNASAH MANYANG KECAMATAN INGIN JAYA KABUPATEN ACEH BESAR (Maqfirah, 2015)

HUBUNGAN TINGKAT POLA MAKAN IBU MENYUSUI DENGAN STATUS GIZI BAYI USIA 0-6 BULAN YANG DIBERIKAN ASI EKSKLUSIF DI GAMPONG LAMBARO SKEP KECAMATAN KUTA ALAM KOTA BANDA ACEH (Mira Ulfa, 2014)

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN USAHATANI SAYURAN BERDASARKAN POLA DIVERSIFIKASI DAN MONOKULTUR DI DESA COT YANG KECAMATAN KUTA BARO KABUPATEN ACEH BESAR (Indriani Sudasty, 2016)

PERBEDAAN DAMPAK POLA MAKAN TERHADAP STATUS GIZI REMAJA DI MAS PESANTREN NURUL ISLAM DENGAN MAN KUTACANE KABUPATEN ACEH TENGGARA TAHUN 2012 (Lukman Wali Husny, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy