//

KECERNAAN IN VIVO BAHAN KERING SAPI LOKAL JANTAN YANG DIBERIKAN PAKAN FERMENTASI KULIT COKLAT DAN AMPAS TEBU

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang syapridus - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian tentang kecernaan In Vivo sapi lokal jantan yang diberikan pakan fermentasi kulit coklat dan ampas tebu telah dilakukan di Gampong Cot Teube, Kecamatan Gandapura, Kabupaten Bireuen Provinsi Aceh, dari tanggal 6 Oktober 2015 sampai dengan 3 Januari 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecernaan bahan kering sapi lokal jantan yang diberikan pakan berbasis kulit coklat dan ampas tebu. Penelitian ini menggunakan 12 ekor sapi lokal. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK). Terdiri dari 3 (tiga) kelompok dan 4 (empat) perlakuan. Sapi dikelompokkan berdasarkan bobot badan. Perlakuan terdiri dari pelakuan A (Ransum kontrol tanpa ampas tebu dan kulit coklat), perlakuan B (Ransum dengan penambahan kulit coklat fermentasi 25%), perlakuan C (Ransum dengan penambahan ampas tebu fermentasi 25%),dan pelakuan D (Ransum pakan kombinasi ampas tebu fermentasi 12,5% dan kulit coklat fermentasi 12,5%). Data penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan ANOVA (Analysis of Variance). Bila terjadi perbedaan antar perlakuan maka akan dilakukan uji jarak berganda Duncan. Parameter yang diamati adalah konsumsi ransum, kecernaan In Vivo bahan kering dan pertambahan bobot badan. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan yang tidak nyata (P>0.05) terhadap konsumsi ransum, kecernaan In vivo bahan kering dan pertambahan bobot badan. Pakan fermentasi kulit coklat dan ampas tebu tidak berpengaruh terhadap konsumsi ransum, kecernaan in vivo bahan kering dan pertambahan bobot badan. Kata Kunci: sapi lokal, pakan fermentasi, kulit coklat, ampas tebu, kecernaan in vivo.  

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISA KECERNAAN IN VIVO PAKAN FERMENTASI KULIT KACANG TANAH PADA SAPI ACEH JANTAN (NUR IZZATI, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN AMPAS TEBU FERMENTASI DAN SUPLEMENTASI SENG (ZN) DALAM PAKAN TERHADAP PERFORMEN KAMBING PERANAKAN ETAWA (Khusnu Ridha, 2018)

EVALUASI KECERNAAN AMPAS TEBU AMONIASI DAN FERMENTASI MENGGUNAKAN TRICHODERMA HARZIANUM DENGAN PENAMBAHAN BERBAGAI LEVEL TEPUNG SAGU SECARA IN VITRO (Zidni Al-Firdausyi, 2016)

EVALUASI NUTRISI AMPAS TEBU AMONIASI DAN NON-AMONIASI YANG DIFERMENTASI MENGGUNAKAN TRICHODERMA HARZIANUM (Kasli, 2015)

EVALUASI KECERNAAN IN VITRO PAKAN KOMPLIT FERMENTASI BERBAHAN DASAR AMPAS SAGU DENGAN LAMA PEMERAMAN YANG BERBEDA (zubaili, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy