//

ANALISIS EKONOMI PEMELIHARAAN AYAM KAMARAS JANTAN DENGAN PEMBERIAN RANSUM KOMERSIL YANG DISUBSTITUSI TEPUNG AMPAS TAHU + TEPUNG KULIT TELUR + FEED SUPPLEMENT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Murniati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penggunaan tepung ampas tahu + tepung kulit telur + feed supplement sebagai subtitusi sebagian ransum komersil terhadap efesiensi ekonomis pemeliharaan ayam kamaras jantan. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Lapangan Peternakan (LLP), Program Studi Peternakan, Fakultas Pertanian, Universitas Syiah Kuala, tanggal 7 Januari‒16 Maret 2016. Penelitian ini menggunakan 64 ekor DOC ayam kamaras, produksi Lembaga Agripet Breeding Perkasa (LABP). Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL), terdiri dari 4 perlakuan dan 4 ulangan. Setiap ulangan merupakan unit percobaan, masing-masing terdiri dari 4 ekor ayam. Perlakuan yang dicobakan adalah ransum komersil broiler 512 Bravo yang disubtitusi dengan tepung ampas tahu + tepung kulit telur + feed supplement sebanyak 0% (P1), 5%+1%+1% (P2), 10%+2%+1% (P3), dan 15%+3%+1% (P4). Parameter yang diamati adalah berat badan akhir, total konsumsi ransum, Income over Feed Cost (IOFC) dan total income. Data parameter produksi yang diperoleh dianalisis dengan Analysis of Variance (ANOVA), jika didapatkan perbedaan yang nyata, dilanjutkan dengan Uji Jarak Berganda Duncan (Steel dan Torrie, 1993). Data parameter ekonomis dianalisis dengan R/C dan B/C ratio (Sjahrial, 2008). Hasil penelitian memperlihatkan bahwa meskipun secara statistik perbedaannya tidak nyata (P>0,05), substitusi ransum komersil broiler (512 Bravo) dengan tepung ampas tahu sampai 15% + tepung kulit telur 3% + feed supplement 1% meningkatkan berat badan akhir dan konsumsi ransum ayam kamaras, menurunkan biaya variabel ransum, dan total biaya, dan meningkatkan Income over Feed Cost (IOFC) dan total income pemeliharaan ayam kamaras. Substitusi ransum komersil broiler (512 Bravo) dengan tepung ampas tahu sampai 15% + tepung kulit telur 3% + feed supplement 1% layak dan menguntungkan dalam pemeliharaan ayam kamaras. Kata Kunci : ampas tahu, kulit telur, ayam kamaras, income

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI PERTUMBUHAN AYAM KAMARAS JANTAN DENGAN PEMBERIAN RANSUM KOMERSIL YANG DISUBSTITUSI DENGAN TEPUNG AMPAS TAHU + TEPUNG KULIT TELUR + FEED SUPLEMENT (Iza Zulfiza, 2016)

ANALISIS USAHA PEMELIHARAAN AYAM “ KALASAN” DENGAN PEMBERIAN RANSUM KOMERSIL YANG DISUBSTITUSI DENGAN TEPUNG AMPAS TAHU DAN SUPLEMENTASI PROBIOTIK DAN ACIDIFIER (ZULFIZAL, 2015)

EFEK PEMBERIAN RANSUM YANG DISUBSTITUSI DENGAN KOMBINASI AMPAS TAHU, TEPUNG KERABANG TELUR DAN PROBIOTIK TERHADAP PERSENTASE KARKASDAN KUALITAS DAGING AYAM KAMARAS (USWATUN HASANAH, 2016)

ANALISIS EKONOMI PEMELIHARAAN ITIK LOKAL JANTAN DENGAN PEMBERIAN TEPUNG AMPAS TAHU, MENIR, DAN KULIT TELUR SEBAGAI BAHAN CAMPURAN KONSENTRAT PADA PERIODE FINISHER (CUT SYARI DAHRI, 2017)

PERTUMBUHAN ITIK LOKAL JANTAN DENGAN PEMBERIAN TEPUNG AMPAS TAHU, MENIR, DAN KULIT TELUR SEBAGAI BAHAN CAMPURAN KONSENTRAT PADA PERIODE FINISHER (ISMATURRAHMI, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy