//

PERSEPSI MASYARAKAT LUAR PROVINSI ACEH TERHADAP TRADISI PERAYAAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW DI KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Fajar - Personal Name

Abstrak/Catatan

Perayaan maulid Nabi Muhammad SAW merupakan salah satu tradisi yang masih melekat dalam kebudayaan masyarakat Indonesia khususnya bagi masyarakat Aceh. Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW di Kota Banda Aceh selalu diwarnai dengan kemeriahan yang berbeda dibanding dengan daerah lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat luar Provinsi Aceh dan pengaruh terhadap perayaan tradisi Maulid Nabi Muhammad SAW di Kota Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan populasi yang digunakan adalah seluruh masyarakat luar Aceh yang tinggal di Aceh. Jumlah sampel yang digunakan adalah 96 orang dengan menggunakan teori SOR dalam menentukan hasil penelitian. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Sampling Aksidental adalah teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel, bila dipandang orang yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Berdasarkan hasil penelitian di dapatkan hasil bahwa antara variabel saling berpengaruh satu sama lain, hal ini di dapatkan dari hasil korelasi yang menunjukkan nilai korelasi antar variabel X dan Y adalah sebesar 0,294 bertanda positif dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga kemudian dapat diartikan bahwa antara satu variabel dengan variabel yang lain saling berpengaruh. Dari kedua aspek persepsi, yang paling berpengaruh adalah persepsi positif yaitu sebesar 4,3%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

AKULTURASI DALAM TRADISI MEUGANG (STUDI DESKRIPTIF PADA MASYARAKAT GAMPONG JAWA KECAMATAN KUTA RAJA BANDA ACEH) (Astari Mulyana Putri, 2018)

TRADISI LISAN ACEH DI KECAMATAN MANGGENG KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Cut Asnelida, 2017)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAKSANAAN SANKSI ADAT SESUAI TRADISI DIYAT (DIET) GAMPONG ( SUATU PENELITIAN DI DESA LAMPASEH LHOK KECAMATAN MONTASIK,ACEH BESAR ) (Nurlela, 2016)

MAKNA GERAK DAN SYAIR DIKEE GROEP DI GAMPONG KAYEE ADANG KECAMATAN SEULIMUM KABUPATEN ACEH BESAR (RIZKI MULIANA, 2017)

BENTUK PENYAJIAN DIKEE GRÔP DI GAMPONG KAYEE ADANG KECAMATAN SEULIMUM KABUPATEN ACEH BESAR (Agustia Chairunnisa, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy