//

IDENTIFIKASI LAPISAN AKUIFER MENGGUNAKAN METODE VES DI DESA ANOI ITAM, SABANG

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Egyana Yudistira - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian telah dilakukan di Anoi Itam, Sabang dengan menggunakan metode VES (Vertical Electrical Sounding). Metode VES merupakan salah satu bagian dari teknik pengukuran geolistrik yang juga metode eksplorasi geofisika di bawah permukaan bumi. Metode ini sangat berguna untuk digunakan dalam eksplorasi air tanah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi lapisan akuifer dengan mengunakan konfigurasi Schlumberger. Hasil penelitian menunjukkan bahwa daerah studi terdapat potensi air tanah yang baik hanya pada profil VES 1 ditunjukkan oleh lapisan akuifer yang memiliki nilai resistivitas rendah dengan nilai 9,02 Ωm pada kedalaman 15 – 25 meter. Sedangkan profil VES 2 dan VES 3 hasil tidak menunjukkan hasil yang sama di kedalaman yang sama bahwa adanya lapisan akuifer. Nilai resistivitas dari VES 2 dan VES 3 adalah 1721 Ωm dan 163 Ωm dimana diduga sebagai batupasir, pasir dan kerikil. Kata kunci: metode VES, konfigurasi Schlumberger, lapisan akuifer

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DISTRIBUSI SEDIMEN DI PERAIRAN PANTAI ANOI ITAM SABANG (Najwan Ihsan, 2017)

POLA DISTRIBUSI KANDUNGAN MINERAL PASIR BESI DI PANTAI ANOI ITAM KOTA SABANG (IRFAN KAMAL, 2017)

PENENTUAN LAPISAN AKUIFER BERDASARKAN ANALISA WELL LOGGING PADA SUMUR BOR DI GAMPONG WEU KRUENG KECAMATAN MONTASIK, KABUPATEN ACEH BESAR. (Ilhamusshadry, 2016)

PERENCANAAN SISTEM DRAINASE PADA SUB-DAS ANOI ITAM DI KOTA SABANG (huzair akbar, 2016)

KELERENGAN DAN VARIASI UKURAN BUTIRAN PADA PANTAI ANOI ITAM KOTA SABANG (NOVI AGUSTIN MAILALA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy