//

PENDIMENSIAN STRUKTUR KUBAH MASJID JAMI' DARUSSALAM DARI MATERIAL BAJA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Jamal Anshari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Struktur kubah merupakan struktur atap yang umum digunakan pada bangunan masjid. Struktur kubah, selain memiliki kemampuan untuk menutupi daerah yang luas, kubah juga memiliki nilai arsitektural yang tinggi. Namun karena strukturnya yang mempunyai bentang yang cukup panjang maka kubah harus direncanakan secara khusus karena struktur dan perilakunya yang berbeda seperti balok pada umumnya. Salah satu contoh masjid yang mempunyai kubah yang cukup besar di Banda Aceh adalah kubah Masjid Jami’ Darussalam. Perencanaan ini bertujuan untuk merencanakan ulang kubah masjid jami’ Darussalam yang mempunyai bentang yang relatif besar dengan diameter 22,5 meter dan tinggi 10,5 meter dengan menggunakan alternatif balok dan pelat dari material baja. Tujuan utama perencanaan ini adalah memberikan alternatif material untuk elemen struktural pada kubah yang efisien dan ekonomis. Ruang lingkup perencanaan ini hanya meliputi perencanaan elemen struktur kubah yaitu dimensi balok vertikal dan balok horizontal, ketebalan cangkang dan sambungan-sambungan pada setiap balok baja. Dari hasil analisis perhitungan program SAP2000 diperoleh gaya-gaya dalam akibat beban yang kemudian dijadikan landasan perhitungan dalam melakukan kontrol desain terhadap elemen struktur yang direncanakan. Standar perencanaan ini berpedoman pada SNI 1729-2015 (Tata Cara Perencanaan Struktur Baja untuk Bangunan Gedung). Adapun hasil yang didapatkan untuk balok vertikal menggunakan dua tipe profil IWF yaitu IWF 200x200x8x12 dan IWF 148x100x6x9 berbeda sesuai ketinggian balok. Untuk balok horizontal IWF yang digunakan berukuran 100x50x5x7. Balok horizontal cukup kecil karena dominan beban diterima oleh balok vertikal. Untuk alat sambung, pada setiap sambungan memerlukan empat baut dengan diameter 10 mm untuk balok vertikal dan 8 mm untuk balok horizontal. Kata kunci: kubah, rangka baja, SAP2000, redesain, SNI 1729-2015

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERBANDINGAN DAYA DUKUNG BALOK WARREN TRUSS DARI BAJA RINGAN DAN BAJA BERAT (roji saputra, 2013)

ANALISIS PERILAKU PORTAL BIDANG (PLANE FRAME) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR FAS 0,4 DENGAN VARIASI UKURAN PROFIL (Aris Abdillah, 2017)

PERBANDINGAN DAYA DUKUNG BALOK WARREN TRUSS WITH VERTICAL DARI BAJA RINGAN DAN BAJA BERAT PERBANDINGAN DAYA DUKUNG BALOK WARREN TRUSS WITH VERTICAL DARI BAJA RINGAN DAN BAJA BERAT (Mukhtasarul Mizan, 2013)

PERBANDINGAN DAYA DUKUNG BALOK PRATT TRUSS BAJA RINGAN DENGAN BALOK HOWE TRUSS BAJA RINGAN (Fauzan Azima, 2013)

ANALISIS PERILAKU RANGKA BIDANG (PLANE TRUSSES) BAJA HOLLOW YANG DIISI MORTAR FAS 0,4 DENGAN VARIASI UKURAN PROFIL (Putri Istiqamah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy