//

PENYULINGAN MINYAK ATSIRI SEREH DAPUR (CYMBOPOGON CITRATUS) DENGAN METODE PENYULINGAN AIR-UAP

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang zaituni - Personal Name

Abstrak/Catatan

Minyak atsiri sereh dapur diperoleh dari hasil penyulingan tanaman sereh dapur, terutama daun. Minyak sereh dapur merupakan sumber sitral yang merupakan konstituen utama dari minyak tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mutu minyak atsiri yang dihasilkan dengan metode penyulingan air-uap (water and steam destillation). Penelitian ini menggunakan tanaman sereh dapur yang di dapat dari kebun petani. Bagian tanaman sereh dapur yang digunakan yaitu bagian batang dan daun yang disuling menggunakan alat penyulingan air dan uap. Analisis karakteristik yang dilakukan meliputi rendemen, bobot jenis, indeks bias dan kelarutan dalam alkohol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rendemen minyak atsiri sereh dapur dari penyulingan pada bagian daun diperoleh sebesar 0,399 % 10 kali lipat dari rendemen minyak atsiri sereh dapur pada bagian batang (0,039 %). Bobot jenis minyak atsiri sereh dapur pada daun 0,8987 dan pada batang 0,8940, indeks bias minyak atsiri sereh dapur pada daun 1,4876 dan pada batang 1,4880. Kelarutan dalam alkohol 70% minyak atsiri sereh dapur dari daun dan batang mempunyai tingkat kelarutan keruh pada perbandingan 1:5. Berdasarkan rendemen dapat disimpulkan bahwa bagian yang lebih menguntungkan untuk disuling adalah daun. Berdasarkan parameter mutu yang dianalisis dapat disimpulkan bahwa minyak atsiri sereh dapur dari bagian batang dan daun sudah memenuhi standar Essential Oil Association (EOA).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KAJIAN PEMBUATAN BUBUK SERAI DAPUR (CYMBOPOGON CITRATUS) DENGAN KOMBINASI SUHU DAN LAMA PENGERINGAN (SYIFAUSH SHADRI, 2018)

PENINGKATAN KONSENTRASI SITRALRNMINYAK SEREH DAPUR (CYMBOPOGON CITRATUS)RNMENGGUNAKAN DISTILASI VAKUM (DEWI ERMAYA, 2014)

UJI AKTIVITAS LARVASIDA MINYAK ATSIRI SEREH WANGI (CYMBOPOGON NARDUS L.) TERHADAP MORTALITAS LARVA AEDES AEGYPTI INSTAR III (Khusnul Amra, 2015)

EKSTRAKSI MINYAK ATSIRI DARI LIMBAH KULIT JERUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENYULINGAN UAP (Muhammad dami, 2017)

EKSTRAKSI MINYAK ATSIRI DARI LIMBAH KULIT JERUK DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENYULINGAN UAP (Masruri, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy