//

POTENSI SUSU RPOBIOTIK YANG DITAMBAH BUAH NAGA MERAH (HYLOCEUREUS POLYRHIZUS)DALAM MENGHAMBAT BAKTERI PATOGEN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nana Novrianty Hasibuan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Suatu penelitian telah dilakukan untuk mengetahui potensi susu probiotik yang ditambah buah naga merah (Hyloceureus polyrhizus) dalam menghambat bakteri patogen. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium dan Teknologi Pengolahan Susu Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala pada tanggal 29 April sampai dengan 31 Mei 2016. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial 2x4 dengan 3 kali ulangan yang terdiri dari 2 faktor yaitu faktor A adalah a1 = agitasi, a2 = non agitasi. Faktor B (persentase buah naga merah) dengan 4 level yaitu b1 = 20 persen, b2= 25 persen, b3= 30 persen, b4= 35 persen. Parameter yang diamati adalah sineresis dan uji hambat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan yang diagitasi dan non agitasi berpengaruh nyata (P0,05) terhadap persentase sineresis dan tidak terdapat interaksi antar kedua perlakuan. Pada uji daya hambat susu probiotik dengan perlakuan agitasi dan non agitasi yang ditambah buah naga terhadap bakteri E. coli tidak berpengaruh (P>0,05) namun terdapat interaksi antar dua faktor sedangkan pada daya hambat susu probiotik dengan perlakuan agitasi dan non agitasi yang ditambah buah naga terhadap bakteri S. aureus tidak berpengaruh (P>0,05). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persentase sineresis yang terbaik terdapat pada perlakuan agitasi dengan persentase buah naga sebanyak 20 persen. Pada uji hambat susu probiotik dengan perlakuan agitasi dan non agitasi yang ditambah buah naga merah mampu menghambat bakteri patogen (E. coli dan S. aureus). Kata Kunci : Susu probiotik, buah naga merah, bakteri patogen, agitasi dan non agitasi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EFEK AGITASI SUSU PROBIOTIK YANG DITAMBAHKAN BUAH NAGA MERAH (HYLOCEREUS POLYRHIZUS) TERHADAP UJI SENSORIK DAN TOTAL PLATE COUNT (Feby Zalika Parindra, 2016)

MOTILITAS DAN VIABILITAS SPERMATOZOA SAPI ACEH SETELAH PEMBEKUAN MENGGUNAKAN PENGENCER SITRAT KUNING TELUR DENGAN PENAMBAHAN EKSTRAK KULIT BUAH NAGA MERAH (HYLOCEREUS POLYRHIZUS) (MELISA LOLA ANGGRAINI, 2018)

UJI ANTIBAKTERIAL EKSTRAK KULIT BUAH NAGA MERAH (HYLOCEREUS POLYRHIZUS) TERHADAP BAKTERI SALMONELLA PULLORUM (Ichsan Maulana, 2016)

POTENSI BUAH KURMA (PHOENIX DACTYLIFERA) TERHADAP KUALITAS DAN SEABAGAI AGEN ANTIMIKROBA SUSU ACIDOPHILLUS (NENDI JUNAEDI, 2018)

PENGARUH PENAMBAHAN EKSTRAK KULIT BUAH NAGA MERAH (HYLOCEREUS POLYRHIZUS) DALAM MEDIA SITRAT KUNING TELUR TERHADAP DAYA TAHAN HIDUP SPERMATOZOA SAPI ACEH YANG DISIMPAN PADA SUHU 4℃ (Sonya Tri Wahyuni, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy