//

MOTIVASI IBU-IBU RUMAH TANGGA DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN MENJAHIT PAKAIAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fitriani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Berkembangnya industri pakaian akan memberikan kesempatan kepada masyarakat dalam membuka usaha menjahit pakaian. Penelitian yang berjudul “Motivasi Ibu-Ibu Rumah Tangga Dalam Mengembangkan Keterampilan Menjahit Pakaian” telah selesai dilakukan, mengangkat masalah mengapa ibu-ibu rumah tangga belum semua mengembangkan keterampilan menjahit sebagai usaha setelah mengikuti pelatihan yang telah diselenggarakan oleh PNPM-MP. Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) motivasi para peserta dalam mengembangkan keterampilan menjahit pakaian, (2) kendala ibu-ibu dalam mengembangkan keterampilan menjahit pakaian dan (3) dampak setelah mengikuti pelatihan menjahit terhadap peserta. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan penyebaran angket. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, motivasi mengembangkan usaha menjahit pakaian pada umumnya ada dukungan keluarga dan diri sendiri. Kendala mengembangkan keterampilan menjahit kurang dari setengah responden belum mengembangkan sebagai usaha, karena hanya sedikit sekali yang mempunyai pengetahuan dalam menjahit, pada umumnya peserta belum mampu membuat pola dasar, dan kurang dari setengah sulit mengembangkan pola dasar. Dampak terhadap responden sebagian besar mendapatkan pengalaman menjahit, karena sebelumnya tidak ada pengetahuan, dan peluang membuka usaha. Simpulan penelitian ini adalah keempat puluh peserta mendapatkan motivasi dari diri sendiri dalam mengikuti pelatihan menjahit, selesai mengikuti pelatihan menjahit pakaian 36 peserta mendapatkan pengalaman menjahit juga dapat menerapkan ilmu keterampilan menjahit dalam kehidupan sehari-hari, 4 peserta sudah mampu mengembangkan sebagai usaha menjahit dirumah tangga. Saran kepada para peserta yang telah mengikuti pelatihan keterampilan menjahit supaya memanfaatkan ilmu, serta fasilitas yang diberikan oleh PNPM-MP dengan sebaik-baiknya. Hendaknya ilmu menjahit terus dilatih dan dikembangkan supaya ada rasa percaya diri dalam membuka sebuah usaha. Selain itu pihak PNPM-MP selaku penyelenggara pelatihan keterampilan menjahit diharapkan dapat melakukan evaluasi kembali terhadap desa-desa yang telah diadakan pelatihan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan pengetahuan dan keterampilan para peserta yang sudah ikut pelatihan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROFIL PENJAHIT WANITA DI GAMPONG MON ALUE KECAMATAN INDRAPURI ACEH BESAR (Nia Amalia, 2018)

PENERAPAN POLA DASAR BUSANA WANITA PADA USAHA MENJAHIT PAKAIAN WANITA DI KECAMATAN DARUL IMARAH ACEH BESAR (ANNISA URSIAH, 2018)

ANALISIS KETAHANAN PANGAN RUMAH TANGGA BERDASARKAN PROPORSI PENGELUARAN PANGAN DAN KONSUMSI ENERGI (STUDI KASUS PADA RUMAH TANGGA PETANI PESERTA PROGRAM DESA MANDIRI PANGAN DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR) (KEUMALA FADHIELA, 2015)

PERAN WIRAUSAHA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (STUDI KASUS USAHA PENJAHIT PEREMPUAN DI MUKIM LHOKNGA) (NURUL LATIFAH, 2018)

HUBUNGAN KETERAMPILAN MENJAHIT DENGAN NILAI MATA KULIAH KONSTRUKSI BUSANA WANITA PADA MAHASISWA TATA BUSANA PKK FKIP UNSYIAH (Nurul Shoumi, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy