//

ANALISIS BIOMEKANIKA DAN FISIOLOGI PADA AKTIVITAS DISASSEMBLY PETI CATHODE BLOCK (STUDI KASUS : PT INALUM PERSERO)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Fadilla - Personal Name

Abstrak/Catatan

Aktivitas disassembly cathode block yang dilakukan oleh operator seksi SMB (Smelter Material, Product and Berth Operation) di PT INALUM (Persero) merupakan salah satu aplikasi Manual Material Handling (MMH). Pekerjaan ini dilakukan oleh 4 operator dengan total berat 100 kg/peti. Sebanyak 80 peti dibongkar dalam waktu 5 hari sebelum dilakukan inspeksi dari user. Dari hasil kuesioner nordic body map diketahui keluhan terbesar dirasakan pada bagian pinggang dan lutut yang beresiko menimbulkan cedera. Analisis fisiologi terhadap besar energy expendicture operator diperoleh nilai rata rata 4-5 Kkal/menit sehingga pekerjaan ini tergolong pekerjaan ringan. Namun, berdasarkan hasil perhitungan nilai Recommended Weight Limit (RWL) diperoleh nilai Lifting Index (LI) sebesar 4,507 pada titik origin dan 3,592 pada titik destination. Dengan nilai LI > 1 maka pekerjaan ini termasuk tidak aman dan beresiko menimbulkan cedera. Hasil perhitungan momen gaya L5/S1 diperoleh nilai rata rata 4.009 N yang melebihi standar maksimal yang ditetapkan oleh National Institute of Occupational Safety and Health (NIOSH). Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan metode kerja untuk mengurangi resiko cedera dengan analisis biomekanika dan fisiologi. Perbaikan yang diusulkan berupa pengangkatan peti dengan menggunakan crane yang disertai dengan alat bantu angkat berupa tali dan pengait pada tiap sisi peti. Kata Kunci : Manual Material Handling (MMH), NIOSH Lifting Equation, Lifting Indeks (LI), Momen Gaya Lumbar 5 Sacrum 1 (L5/S1), Nordic Body Map, Energy Expendicture.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS SISTEM KERJA OPERATOR PORTER KARGO KEDATANGAN DENGAN PENDEKATAN BIOMEKANIKA DAN FISIOLOGI (STUDI KASUS PT. ANGKASA PURA II, BANDARA SULTAN ISKANDAR MUDA, ACEH BESAR) (Jeng Dwi Utami, 2017)

ANALISA PENGARUH MESIN POTONG RUMPUT PADA BADAN MANUSIA DITINJAU DARI ASPEK ERGONOMI DESAIN (Sanneri Yulistia, 2015)

ANALISIS POSTUR KERJA PADA AKTIVITASRNPACLCAGING DI PT. LAFARGE CEMENT INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN METODERNBIOMEKANIKA (Lena Faryani, 2015)

ANALISIS KENAIKAN TARIF PELABUHAN PADA JASA PENUMPUKAN PETI KEMAS MENGGUNAKAN MODEL REGRESI LOGISTIK (STUDI KASUS: PT PELINDO I CABANG MALAHAYATI) (NURUL AISYAH LUBIS, 2018)

ANALISA PENGUKURAN BEBAN KERJA BURUH ANGKUT IKAN TERHADAP MUSCULOSKELETAL PADA MANUAL HANDLING (STUDI KASUS: PASAR IKAN PEUNAYONG, BANDA ACEH) (Ridha Maya Faza Lubis, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy