//

SELEKSI MUTAN GENERASI KE DUA (M2) KEDELAI KIPAS PUTIH TERHADAP PRODUKSI DAN KUALITAS BIJI YANG TINGGI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang DALFIANSYAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kebutuhan kedelai terus meningkat, namun produksi dalam negeri tidak dapat mencukupinya. Salah satu penyebab rendahnya produksi kedelai disebabkan rendahnya produksi dan kualitas kedelai dalam negeri. Oleh karena itu, perlu dicari genotipe yang memiliki produksi dan kualitas yang tinggi melalui teknik pemulian mutasi. Penelitian ini dilaksanakan di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala yang berlangsung dari bulan Januari 2015 sampai bulan Mei 2015. Penelitian ini menggunakan rancangan acak kelompok (RAK) pola non faktorial. Penelitian ini menggunakan 14 genotipe dan 1 genotipe kontrol varietas Kipas Putih tanpa radiasi, terdiri dari 2 ulangan sehingga terdapat 30 unit satuan percobaan. Parameter yang diamati adalah tinggi tanaman, jumlah cabang, jumlah polong, jumlah polong bernas, berat 100 butir biji, jumlah biji per tanaman, berat biji per bedeng, dan analisis kadar protein, lemak, serat dan abu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa genotipe berpengaruh sangat nyata terhadap berat 100 biji tanaman, namun tidak berpengaruh terhadap tinggi tanaman, jumlah cabang, jumlah polong, jumlah polong bernas, dan jumlah biji sedangkan kadar Protein tertinggi pada genotipe KP 200-51 (G9) (39.00%), lemak KP 200-52 (G10) (15,16%), serat KP 200-10 (G5) (12,53%) dan abu KP 200-28 (G6) (6,83%).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SELEKSI MUTAN GENERASI KE DUA (M2) KEDELAI KIPAS PUTIH TERHADAP PRODUKSI DAN KUALITAS BIJI YANG TINGGI (DALFIANSYAH, 2016)

PENGARUH CEKAMAN AIR TERHADAP PERTUMBUHAN BERBAGAI JENIS GENOTIPE MUTAN KEDELAI (GLYCINE MAX L. MERR) (SASMI RAIS SIREGAR, 2016)

SELEKSI MUTAN GENERASI KE 2 KEDELAI KIPAS MERAH (GLYCINE MAX (L.) MERRILL) TAHAN TERHADAP KEKERINGAN DAN PRODUKSI TINGGI (imam akbar tanjung, 2016)

KERAGAAN DAN PARAMETER GENETIK VARIETAS KEDELAI (GLYCINE MAX L.) PADA LAHAN KERING (Suwayda Safriati, 2015)

PENGARUH KONSENTRASI PUPUK HAYATI TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL BEBERAPA VARIETAS KEDELAI (GLYCINE MAX (L.) MERILL) (AGUNG AULIA SAPUTRA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy