//

PERILAKU MAKAN RUSA TOTOL (AXIS AXIS) DAN UJI PALATABILITAS PAKAN DALAM KAWASAN KONSERVASI EX-SITU DI WISATA ALAM TAMAN RUSA LAMTANJONG KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Tia Novenda Sari - Personal Name

Abstrak/Catatan

Status rusa di Indonesia hingga saat ini masih merupakan satwa liar yang dilindungi oleh undang-undang. Selain itu International Union for Conservation of Nature (IUCN) juga menyebutkan bahwa rusa dikategorikan dalam jenis yang rentan akibat populasinya yang terus menurun tiap tahunnya (IUCN, 2015). Salah satu upaya untuk menjaga kelestarian, keseimbangan ekosistem dan potensi satwa liar melalui upaya konservasi. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perilaku makan Rusa Totol di kandang habituasi dalam kawasan konservasi ex-situ di Wisata Alam Taman Rusa Lamtanjong Aceh Besar (2) Mengetahui hasil uji palatabilitas dan presentase kandungan nutrisi pakan Rusa Totol di kandang habituasi dalam kawasan konservasi ex-situ di Wisata Alam Taman Rusa Lamtanjong Kabupaten Aceh Besar Penelitian ini dilaksanakan di Wisata Alam Taman Rusa Lamtanjong Kabupaten Aceh Besar pengamatan dilakukan selama 14 hari. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, pendekatan pada penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan waktu aktif makan pada Rusa Totol yaitu 6 jam dalam 12 jam pengamatan selama 14 hari dalam rentan waktu yang berbeda sedangkan pada uji palatabilitas terdapat perbedaan pakan yang paling disukai dari ketiga jenis Rusa Totol. Pada Rusa Totol jantan dan betina memilih pakan dengan presentase pakan tertinggi secara berurutan yaitu wortel,tomat kangkung dan rumput gajah sedangkan pada anak memiliki hasil yang berbeda dengan presentase pakan yang dipilih secara berurutan kangkung, rumput gajah, wortel dan tomat sebagai pakan yang paling disukai. Simpulan penelitian adalah waktu aktif makan Rusa Totol selama 14 hari yang dilakukan dipenangkaran Desa Lamtanjong Kabupaten Aceh Besar adalah 6 jam dalam 12 jam pengamatan dan uji palatabilitas dari ke tiga jenis Rusa Totol memiliki hasil yang berbeda, pada jantan dan betina memilih wortel sebagai pakan yang paling disukai sedangkan pada anak memilih kangkung sebagai pakan yang paling disukai.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STUDI AKTIVITAS HARIAN RUSA SAMBAR(CERVUS UNICOLOR)DI TAMAN RUSA DESA LAMTANJONG KABUPATEN ACEH BESAR (Raudhah Hayatillah, 2016)

DAMPAK PARIWISATA TERHADAP PENDAPATAN DAN MANFAAT BAGI MASYARAKAT SEKITAR (STUDI KASUS WISATA ALAM TAMAN RUSA, DESA LAMTANJONG, SIBREH, ACEH BESAR) (Eni Susanti, 2016)

DAMPAK KEBERADAAN TAMAN RUSA TERHADAP PENDAPATAN PEKERJA DI SEKITAR DESA LAMTANJONG KECAMATAN SUKAMAKMUR SIBREH KABUPATEN ACEH BESAR (Fuji Gita Mahardhika, 2015)

PERUBAHAN HUBUNGAN SOSIAL DALAM KONTEKS EKONOMI PADA MASYARAKAT SEKITAR PARIWISATA TAMAN RUSA (MUSTAFA, 2018)

KONDISI HABITAT DAN TINGKAT KESEJAHTERAAN LANDAK RAYA (HYSTRIX BRACHYURA) DI PENANGKARAN TAMAN RUSA DESA LAMTANJONG KABUPATEN ACEH BESAR DAN DESA PANTON LUAS KABUPATEN ACEH SELATAN (Mira Salviana, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy