//

PENERAPAN PENDEKATAN SAVI DAN PENDEKATAN REALISTIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Asmaul Husna - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK ASMAUL HUSNA. Penerapan Pendekatan SAVI dan Pendekatan Realistik dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kemampuan komunikasi matematis sangat penting dan merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa. Untuk menciptakan kemampuan komunikasi siswa dengan baik dan bermakna, maka digunakan pendekatan SAVI dan pendekatan realistik. Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diterapkan pendekatan SAVI dengan media komputer dan siswa yang diterapkan pendekatan realistik ditinjau dari tingkat kemampuan matematika siswa, (2) melihat interaksi pendekatan SAVI dengan media komputer dengan kemampuan awal siswa (rendah, sedang, dan tinggi) terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, (3) melihat interaksi pendekatan realistik dengan kemampuan awal siswa (rendah, sedang, dan tinggi) terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) mendeskripsikan perbedaan sikap siswa yang diterapkan pendekatan SAVI dengan media komputer dan siswa yang diterapkan pendekatan realistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Nibong Aceh Utara yang terdiri atas empat kelas. Sampel dipilih secara acak, sehingga terpilih VII3 sebagai kelas SAVI dan kelas VII2 sebagai kelas realistik. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis berbentuk soal uraian berjumlah lima butir soal dan angket sikap berjumlah 20 butir pernyataan. Nilai reliabilitas masing- masing instrumen tersebut sebesar 0,672. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (1) Tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diterapkan pendekatan SAVI dengan media komputer dan siswa yang diterapkan pendekatan realistik, (2) Terdapat interaksi pendekatan SAVI dengan media komputer dengan kemampuan awal siswa (rendah, sedang, dan tinggi) terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, (3) Terdapat interaksi pendekatan realistik dengan kemampuan awal siswa (rendah, sedang, dan tinggi) terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa, (4) Sikap siswa terhadap pembelajaran matematika melalui pendekatan realistik memiliki nilai sikap positif lebih tinggi daripada pendekatan SAVI dengan media komputer. Kata Kunci: Pendekatan SAVI, Pendekatan Realistik, Kemampuan Komunikasi Matematis, dan Sikap Siswa

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK (Muhammad Ridha, 2017)

PENERAPAN PENDEKATAN SCIENTIFIC BERBANTUAN SOFTWARE GEOGEBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA (Fajriati, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACYRNSISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN DISKURSIF. (marlina, 2014)

PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING BERBANTUAN SOFTWARE HOT POTATOES (FATIMAH NUR, 2017)

PENINGKATAN KOMUNIKASI MATEMATIS DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING BERBANTUAN MIND MAP (Purwanti, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Tahun Terbit

   

Prodi

   

Copyright © 2015 Perpustakaan Unsyiah. Dikembangkan dengan menggunakan SLiMS.