//

INTENSITAS DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA UDANG PISANG (PENAEUS SP.) YANG BERASAL DARI TAMBAK BUDIDAYA DI PANTAI BARAT ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dila Novita - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui intensitas dan prevalensi ektoparasit pada udang pisang (Penaeus sp.) yang berasal dari tambak pada 4 lokasi di pesisir pantai Barat Provinsi Aceh. Udang di ambil dari lokasi Cot Jeumpa Kabupaten Aceh Besar, Kuala Unga Kabupaten Aceh Jaya, Kuala Tadu Kabupaten Nagan Raya dan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya. Sampel udang diambil secara acak sejumlah 140 ekor (35 udang/lokasi). Pemeriksaan sampel dilaksanakan pada Bulan Maret hingga Bulan Mei 2016 di Laboratorium Stasiun Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Kelas I Aceh, Aceh Besar. Pengamatan terhadap infestasi parasit dilakukan dengan cara pembedahan terhadap sampel. Data dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian didapatkan 3 jenis ektoparasit dari golongan Protozoa, yaitu: Zoothamnium sp., Vorticella sp,. dan Episylis sp.. Intensitas dan prevalensi ektoparasit tertinggi ditunjukkan oleh Zoothamnium sp. dengan nilai intensitas 20 ind/ekor dan prevalensi 36%. Prevalensi ektoparasit tertinggi (80%) ditemukan pada sampel udang pisang dari lokasi Cot Jeumpa, Aceh Besar dan Kuala Tadu,Nagan Raya. Sedangkan nilai prevalensi terendah (34%) ditemukan pada tambak di Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya. Intensitas tertinggi (25 ind/ekor) ditemukan di lokasi Kuala Unga, Kabupaten Aceh Jaya. Sedangkan intensitas terenda h (14 ind/ekor) pada lokasi Kuala Tadu, Kabupaten Nagan Raya. Secara umum ektoparasit yang menyerang udang pisang paling banyak ditemukan pada organ kaki renang dan kaki jalan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat 3 jenis ektoparasit yang menginfeksi udang pisang dengan tingkat intensitas dan prevalensi tertinggi adalah Zoothamnium sp.. Kata kunci: Parasit, Zoothamnium sp., Vorticella sp., Episylis sp., Pantai Barat Aceh, intensitas, prevalensi

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) DAN IKAN BANDENG (CHANOS CHANOS) DI TAMBAK TRADISIONALRN GAMPONG PANDE, BANDA ACEH (ASIH WULANDARI, 2014)

INVENTARISASI DAN DISTRIBUSI EKTOPARASIT PADA IKAN LELE LOKAL (CLARIAS BATRACHUS) KABUPATEN ACEH BARAT DAYA (Raudhi Kurniawan, 2014)

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA UDANG VANNAMEI (LITOPENAEUS VANNAMEI) DI KABUPATEN ACEH BESAR (nurlaila, 2016)

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI JENIS-JENIS EKTOPARASIT PADA UDANG WINDU (PENAEUS MONODON) BERDASARKAN TEMPAT PEMELIHARAAN INTENSIF DAN SEMI INTENSIF (Fitria, 2018)

IDENTIFIKASI DAN PREVALENSI EKTOPARASIT PADA IKAN PATIN (PANGASIUS SP.) YANG DI BUDIDAYA SECARA MONOKULTUR DAN POLIKULTUR DI KABUPATEN ACEH BESAR (Ismail, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy