//

EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL PADA SIMPANG SEULAWAH SEUTUI KOTA BANDA ACEH MENGGUNAKAN METODE MKJI 1997

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Suzana Febriani - Personal Name

Abstrak/Catatan

Simpang adalah suatu area yang kritis pada jalan raya, merupakan tempat terjadinya konflik dan kemacetan, permasalahan simpang ini juga terjadi di Kota Banda Aceh. Perkembangan Kota Banda Aceh, perubahan tata guna lahan, pertumbuhan penduduk dan bertambahnya kepemilikan kendaraan pribadi secara tidak langsung memberi dampak negatif terhadap sistem transportasi. Ketidakseimbangan antara kapasitas jalan yang ada dengan volume lalu lintas dan rendahnya tingkat pelayanan simpang dapat mempengaruhi kinerja simpang. Tujuan penelitian untuk mengetahui karakteristik dan kinerja Simpang Seulawah, Seutui pada kondisi eksisting. Data yang dikumpulkan yaitu, data primer terdiri dari data volume lalu lintas dan geometrik eksisting pada simpang kemudian diolah dengan menggunakan metode Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Data sekunder terdiri dari peta lokasi dan data jumlah penduduk. Berdasarkan hasil pengolahan data pada kondisi eksisting, diperoleh volume puncak sebesar 3638 smp/jam. Hasil perhitungan tingkat kinerja simpang, diperoleh nilai derajat kejenuhan (DS) 0,76 (Timur), 1,59 (Selatan), 0,71 (Barat) dan tundaan rata-rata simpang 177,30 detik/smp dengan waktu siklus 92 detik. Hal ini menunjukkan kinerja simpang kurang efektif, karena pada pendekat (Selatan) Jalan Alaidin Johansyah memiliki kapasitas yang kecil untuk itu perlu adanya pelebaran jalan dan pengaturan sinyal kembali dengan menambahkan waktu hijau. Kata Kunci: kapasitas, derajat kejenuhan, tundaan, waktu siklus.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KINERJA SIMPANG BERSINYAL PADA SIMPANG REMI KOTA LANGSA DENGAN METODE MKJI DAN SIMULASI (IQBAL, 2017)

KINERJA SIMPANG EMPAT GELANGGANG UNSYIAH DENGAN SKENARIO TANPA LAMPU LALU LINTAS (Agustiar Maulia, 2018)

EVALUASI KINERJA SIMPANG TAK BERSINYAL PADA JALAN TEUKU NYAK ARIEF – TGK. SYECH ABDUR RAUF DARUSSALAM BANDA ACEH (Masrullah Wahab, 2015)

STUDI EKIVALENSI MOBIL PENUMPANG DAN ARUS JENUH DASAR PADA SIMPANG BERSINYAL (STUDI KASUS PADA SIMPANG DENGAN LENGAN EFEKTIF SATU DAN DUA LAJUR DI BANDA ACEH) (MUNTAZAR, 2017)

ANALISIS KINERJA SIMPANG TAK-BERSINYAL DAN BUNDARAN MENGGUNAKAN ARUS IDEAL (MUHAMMAD AZKIA AGUSSA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy