//

EFEKTIVITAS PENEMPATAN BALIHO (BILLBOARD) DALAM PENYEBARAN IKLAN KOMERSIAL DI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Geubrina Ananda Maulani - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini berjudul “Efektivitas Penempatan Baliho (Billboard) Dalam Penyebaran Iklan Komersial Di Banda Aceh”. Penggunaan dan penempatan Baliho (billboard) sebagai alat penyebarluasan informasi menjadi salah satu faktor tersampaikannya pesan kepada masyarakat namun hasil survei dilapangan menunjukkan sebagaian masyarakat tidak merasakan adanya dampak terhadap pesan iklan komersial pada baliho tersebut. Tujuanpenelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penempatan baliho (billboard)) dalam penyebaran iklan komersial di Banda Aceh. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksplanatif. Peneliti menggunakan teori Hierarcy Of Effect Model. Teori ini menjelaskan bahwa ada beberapa tahapan mental pada konsumen setelah terkena dampak dari komunikasi. Populasi dalam penelitian ini adalah 269.479 masyarakat kota Banda Aceh, setelah menggunakan rumus Taro Yamane dengan presisi 10% dan tingkat kepercayaan 90% dari jumlah populasi, maka besarnya sampel yang diambil adalah sebanyak 100 responden. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner yang skala pengukurannya menggunakan skala likert dan diolah secara statistik dengan program SPSS versi 21 yaitu uji validitas dan reabilitas, uji hipotesis, uji regresi sederhana serta menjelaskan kuesioner ekplanasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai korelasi yang didapatkan sebesar 0,571 yakni penempatan baliho (billboard) dalam penyebaran iklan komersial di Banda Aceh memiliki hubungan yang cukup berarti, hasil dari regresi linear diperoleh 0,699 menunjukkan hasil yang positif antara penempatan baliho (billboard) dalam penyebaran iklan komersial di Banda Aceh dan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung adalah sebesar 6,892 dan nilai ttabel pada α = 0,05 pada uji 2 sisi diketahui sebesar adala 1,984. Berdasarkan kriteria uji hipotesis yaitu thitung > ttabel (6,892 > 1,984), maka Ho ditolak dan Ha diterima artinya penenpatan baliho (billboard) memiliki efektivitas yang signifikan dalam penyebaran iklan komersial di Banda Aceh. Kata Kunci: Efektivitas, Penyebaran Iklan, Iklan Komersial, Baliho (billboard).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH IKLAN POLITIK BALIHO SEBAGAI BAGIAN DARI STRATEGI KAMPANYE “T. IRWAN DJOHAN” PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 (Regina Yulandari, 2017)

LOCAL WISDOM DALAM IKLAN MEDIA BALIHO DI ACEH (ANALISIS SEMIOTIKA TERHADAP IKLAN BALIHO KARTU AS VERSI AKTIFKAN PAKET 500 DAN IKLAN IM3 VERSI GRATIS 30 MENIT NELPON) (Dilla Novianita, 2015)

EFEKTIFITAS IKLAN SUBLIMINAL OPPO DALAM ACARA INI TALKSHOW TERHADAP KONSUMEN DI WARUNG KOPI TRANSIT BANDA ACEH (Muhammad Ichsan, 2017)

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PENGGUNAAN BAHASA ACEH DALAM IKLAN KOMERSIAL DI RADIO MEUGAH FM DAN HUBUNGANNYA DENGAN MINAT BELI KONSUMEN (STUDI TERHADAP MASYARAKAT GAMPONG MERDUATI KECAMATAN KUTARAJA KOTA BANDA ACEH) (Muhammad Iqbal, 2017)

EFEKTIVITAS IKLAN KECAP BANGO DI TELEVISI DENGAN MENGGUNAKAN CONSUMER DECISION MODEL (CDM) DALAM MENARIK MINAT BELI KONSUMEN DI KOTA BEUREUNUEN (zakial afkar, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy