//

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI OPERASI ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Naziela Rizkina Balqis Hsb - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Balqis, Naziela Rizkina. 2016. Penerapan Pendekatan Saintifik pada Materi Operasi Aljabar di Kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: Dr. M. Ikhsan, M. Pd., (2) Drs. Musafir Kumar, M. Si Kata Kunci: pendekatan saintifik, operasi aljabar, hasil belajar Operasi aljabar merupakan salah satu materi yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Dalam menyelesaikan permasalahan kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan operasi aljabar, siswa dituntut untuk menganalisis masalah dan mengubahnya dalam bentuk aljabar agar dapat diselesaikan. Oleh karena itu, penguasaan materi ini sangat diperlukan siswa. Pendekatan pembelajaran yang diterapkan guru merupakan salah satu faktor yang menentukan berhasil atau tidaknya pencapaian hasil belajar yang baik. Pendekatan saintifik merupakan pendekatan pembelajaran yang mengadopsi langkah-langkah ilmiah, sehingga menjadi tantangan guru dalam mengembangkan aktivitas siswa melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada materi operasi aljabar di kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh. Hipotesis pada penelitian ini adalah “Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada materi operasi aljabar di kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dan jenis desainnya yaitu Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII2 dan VIII3 dengan jumlah siswa pada masing-masing kelas sebanyak 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes yang dilakukan setelah proses pembelajaran pada materi operasi aljabar pada masing-masing kelas. Selanjutnya data tes hasil belajar diolah dengan menggunakan uji-t dan didapat t_hitung=4,64. Hasil pengujian hipotesis pada taraf signifikan α=0,05 dan derajat kebebasan dk=43, didapat t_tabel=1,68. Oleh karena t_hitung>t_tabel atau 4,64>1,68, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pendekatan saintifik lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional pada materi operasi aljabar di kelas VIII SMP Negeri 2 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERISTATISTIKADI KELAS VIII SMP NEGERI 10 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2015/2016 (Rifka Nadia, 2016)

KESULITAN SISWA DALAM PENYEDERHANAAN BENTUK ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 BANDA ACEH (, 2016)

DIAGNOSIS KESULITAN SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATERI ALJABAR DI KELAS VIII SMPN 1 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Putri Inda Sari, 2016)

PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII-6 MTSN MODEL BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (Rahmi Keumalasari, 2016)

KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI FAKTORISASI SUKU ALJABAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 4 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Badratun Nafis, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy