//

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI SMAN 4 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Dhiyauddin - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Dhiyauddin. 2016. Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Di SMAN 4 Banda Aceh. Skripsi. Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keuruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. Ir. Johan Yunus, SE., M.Si., (2) Dra. Erni Maidiyah, M.Pd. Kata kunci: Problem Based Learning (PBL), Peningkatan, Kemampuan Pemecahan Masalah, Hasil Belajar. Penggunaan kurikulum 2013 membuat pembelajaran matematika menggunakan kehidupan nyata sebagai pembelajarannya. Mengaplikasikan konsep yang telah dipelajari ke dalam suatu permasalahan kehidupan sehari-hari menjadi kesulitan tersendiri bagi siswa. Hal ini membuat kemampuan siswa dalam pemecahan masalah rendah dan hasil belajar siswa juga menjadi rendah, salah satu model pembelajaran yang digunakan adalah PBL. Rumusan masalahnya adalah bagaimanakah kemampuan pemecahan masalah siswa setelah dilakukan penerapan model PBL pada materi Transformasi di kelas XI-IA 3 SMAN 4 Banda Aceh? dan Apakah penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas XI-IA3 SMAN 4 Banda Aceh. Tujuannya adalah mengetahui penerapan model PBL dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah serta meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas XI-IA 3 SMAN 4 Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah pre eksperimental design dengan jenis pretest and postest group. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 4, sedangkan sampelnya diambil secara acak sebanyak 1 kelas yaitu kelas XI-IA 3 yang terdiri atas 14 laki-laki dan 20 perempuan. Teknik pengumpulan data adalah pretest dan posttest serta angket. Pengolahan data dilakukan dengan mengunakan rumus persentase dan rumus statistik uji-t (t dihitung dari sampel berpasangan). Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah sebesar 44%, yaitu dari 29% menjadi 73%. Sedangkan hasil belajar adalah dengan di tolaknya hipotesis H0 dan mengakibatkan Ha diterima yaitu “Penerapan model PBL dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi Transformasi di kelas XI-IA 3 SMAN 4 Banda Aceh.” diterima. Sedangkan untuk respon siswa adalah negatif terhadap pembelajaran menggunkan model PBL pada materi Transformasi. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah ada terjadinya peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa di kelas XI-IA 3 SMAN 4 Banda Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMP DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Cut Masturi, 2018)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BANGUN DATAR OLEH SISWA KELAS VII SMPN 2 MONTASIK MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Nova Miranda, 2016)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI PELUANG KELAS X SMA NEGERI MODAL BANGSA ACEH BESAR (Jannati, 2016)

KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS XI MELALUI RESOURCE BASED LEARNING (RBL) PADA MATERI TURUNAN DI MAN MODEL BANDA ACEH (Muliana Ramadhani, 2016)

PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF-CONCEPT SISWA SMK MELALUI MODEL PROBLEM-BASED INSTRUCTION (PBI) (Rahmad Fitra, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy