//

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP TENAGA KESEHATAN DI PUSKESMAS MEURAXA BANDA ACEH TENTANG PELAYANAN KESEHATAN PASCABENCANA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Rizki Amelia - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pelayanan kesehatan pascabencana merupakan salah satu komponen penting dalam penanggulangan bencana. Tenaga kesehatan tingkat layanan primer memiliki peran yang penting dalam pelayanan kesehatan pascabencana guna mencegah penyakit-penyakit yang ditimbulkan setelah bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dengan sikap tenaga kesehatan Puskesmas Meuraxa tentang pelayanan kesehatan pasca bencana. Jenis penelitian ini adalah observasi analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas kecamatan Meuraxa Banda Aceh dan sampel diambil dengan mengunakan total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reabilitas. Analisa data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi-square dengan α=0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tenaga kesehatan yang memiliki pengetahuan baik adalah 73,2% dan pengetahuan kurang sebanyak 26,8%. Tenaga kesehatan yang memiliki sifat baik adalah 58,5 % dan sikap kurang sebanyak 41,5%. Hasil Uji Chi-square menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan dengan sikap tenaga kesehatan tentang pelayanan kesehatan pascabencana (p=0,001). Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara pengetahuan dengan sikap tenaga kesehatan Puskesmas Meuraxa tentang pelayanan kesehatan pascabencana. Kata kunci: Pelayanan Kesehatan, Pascabencana, Pengetahuan, Sikap, Tenaga Kesehatan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN PENGETAHUAN DENGAN SIKAP KESIAPSIAGAAN BENCANA PADA TENAGA KESEHATAN PUSKESMAS BANDA ACEH (R.A. NINGRUM PRATIWI A, 2015)

HUBUNGAN PEMBAGIAN DANA KAPITASI PROGRAM JAMINAN KESEHATAN NASIONAL (JKN) DAN MOTIVASI PETUGAS KESEHATAN TERHADAP TINGKAT KINERJA DI PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALLAM BANDA ACEH (Ridwan, 2016)

HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN, SOSIALISASI DAN PERHATIAN MASYARAKAT DENGAN PENGETAHUAN PEMANFAATAN PELAYANAN KESEHATAN JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KOPELMA DARUSSALAM (Aulia Fachry Amri, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TERHADAP TINDAKAN PEMERIKSAAN PAYUDARA SENDIRI (SADARI) SEBAGAI DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA PADA PETUGAS KESEHATAN DI PUSKESMAS BANDA ACEH (Layyina Misqa, 2016)

HUBUNGAN PENGETAHUAN, FAKTOR PELAYANAN KESEHATAN DAN PMO DENGAN TINGKAT KEPATUHAN BEROBAT PASIEN TB PARU DI PUSKESMAS SAKTI (Fachrul Razi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy