//

KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rafika Listhia - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Listhia, Rafika. Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Melalui Model Pembelajaran Generatif. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Drs. RM. Bambang S, M.Pd., (2) Dra. Ellianti, M.Pd. Kata kunci:kemampuan koneksi matematika, model pembelajaran generatif. Model pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi hasil belajar peserta didik terhadap kemampuan-kemampuan yang ingin dicapai, salah satunya adalah kemampuan koneksi. Kemampuan koneksi matematik merupakan kemampuan siswa menghubungkan konsep-konsep matematika, baik antar konsep itu sendiri maupun menghubungkan konsep matematika dengan bidang lainnya. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian tentang hasil koneksi matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran generatif pada materi persamaan linear. Adapun judul pada penelitian ini adalah “kemampuan koneksi matematika siswa melalui model pembelajaran generatif”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran generatif dan dibandingkan dengan kemampuan koneksi matematika siswa yang model pembelajaran konvensional. Pendekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 11 Banda Aceh tahun pengajaran 2015/2016 yang terdiri dari 7 kelas, dengan jumlah siswa 207 orang. Sampel dipilih secara sampling purposif (pertimbangan berdasarkan guru matematika yang mengajar di kelas X SMAN 11 Banda Aceh bahwa kelas tersebut memiliki rata-rata kelas yang hampir sama) dan diperoleh kelas X-2 dan X-4. Kelas X-2 sebagai kelas Eksperiman sedangkan kelas X-4 sebagai kelas Konvensional (kelas kontrol). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dalam bentuk soal essay yang telah disesuaikan berdasarkan materi ajar pada penelitian ini, sedangkan pengolahan data peneliti menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 0,05. Berdasarkan hasil analisis data dan perhitungan uji-t diperoleh t_hitung>t_tabel , sehingga menunjukan hasil dan kesimpulan bahwa kemampuan koneksi matematika siswa yang memperoleh model pembelajaran generatif lebih baik dari pada kemampuan koneksi matematika siswa yang tidak memperoleh model pembelajaran generatif pada materi sistem persamaan linear.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATISDAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROTATING TRIOEXCHANGE (RTE) PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (Erna Isfayani, 2017)

KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN PETA KONSEP SISWA SMP MELALUI MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER (SAMSUL BAHRI, 2015)

PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA SMP MELALUI PEMBELAJARAN STRATEGI METAKOGNISI (Dhelsy Nahraisyah Azma, 2017)

PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN PETA KONSEP (Mauliana, 2018)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATERI HUKUM NEWTON DAN PENERAPANNYA DI SMAN 1 INGIN JAYA (Desy Mawaddah, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy