//

Intermediasi Perbankan Syariah terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M. Putra Rizki - Personal Name
SubjectECONOMIC GROWTH
BANKS (FINANCE)
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Ekonomi
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Perbankan syariah di Indonesia telah dimulai sejak dua dekade yang lalu dan diharapkan memiliki hubungan dan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Penelitian ini mencoba menginvestigasi peran intermediasi perbankan syariah dalam memicu pertumbuhan ekonomi Indonesia. Penelitian ini menggunakan data time-series kuartalan SBIS, total pembiayaan perbankan syariah, pertumbuhan sektor riil dan pertumbuhan ekonomi dengan periode waktu penelitian 2000:Q4 sampai 2012:Q4. Hasil-hasil empiris mengindikasikan dalam jangka panjang, terdapat hubungan ekuilibrium antara perkembangan perbankan syariah dan pertumbuhan ekonomi. Uji kausalitas Granger menunjukkan adanya hubungan dua arah (bi-directional causality) diantara pertumbuhan sektor riil dan pertumbuhan ekonomi serta hubungan satu arah yang berasal dari total pembiayaan yang disalurkan oleh perbankan syariah terhadap pertumbuhan sektor riil dan petumbuhan ekonomi. Hasil dari Vector Error Correctin Model (VECM) cenderung mendukung hipotesis bahwa perbankan syariah dapat menjadi salah satu mesin pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Kata Kunci: Perbankan Syariah, Intermediasi, VECM, Indonesia

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA PERBANKAN YANG MENERBITKAN OBLIGASI SYARIAH DAN OBLIGASI NON-SYARIAH (STUDI PADA PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2009-2011) (Rina Rajiani, 2014)

PENGARUH VARIABEL SPESIFIK BANK DAN VARIABEL MAKROEKONOMI TERHADAP PROFITABILITAS PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA (LILIS KHAIRUNNISAH, 2016)

ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA DAN MALAYSIA DITINJAU DARI MAQASHID SHARIAH INDEX (Riky Ramadhani, 2016)

PENGARUH PERTUMBUHAN EKONOMI DAERAH DAN PERTUMBUHAN PENDAPATAN ASLI DAERAH TERHADAP PERTUMBUHAN BELANJA DAERAH (STUDI PADA PEMERINTAH KABUPATEN/KOTA DI PROVINSI ACEH) (SHARA AMELIA PUTRI, 2018)

ANALISIS PENGARUH INFLASI TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN KONVENSIONAL DAN PERBANKAN SYARIAH DI INDONESIA (Rizki Setiawan, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy