//

HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL MELALUI ROLE PLAYING DI SMPN 6 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang RENI YUNITA - Personal Name
Fakultas Fakultas FKIP
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Role Playing merupakan salah satu model pembelajaran yang menuntut siswa untuk dapat membangun pemahaman dan konsepnya sendiri. Penelitian ini merupakan model role playing pada materi aritmatika sosial di kelas VII SMPN 6 Banda Aceh yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model role playing pada materi aritmatika sosial dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Jenis pendekatan penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 6 Banda Aceh tahun pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari delapan kelas dan berjumlah 240 orang, sedangkan sampelnya diambil satu kelas, yaitu kelas VII-1 yang berjumlah 30 orang. Penentuan sampel dilakukan secara acak atau random. Pengolahan datanya menggunakan statistik-t dengan simpangan baku populasi tidak diketahui. Uji yang digunakan adalah uji satu pihak yaitu uji pihak kanan pada taraf signifikan α=0,05. Hasil analisis data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes siswa adalah 85 dengan simpangan baku 7,49. Dengan menggunakan rumus uji-t diperoleh t=0. Nilai ini selanjutnya dibandingkan dengan t_0,95, maka diperoleh t< t_0,95, yaitu 0 < 1,70. Oleh karena itu t< t_0,95, maka hipotesis H_(o )diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa pada aritmatika sosial dikelas VII SMPN 6 Banda Aceh melalui model role playing belum mencapai nilai KKM. Pencapaian hasil belajar siswa belum tercapai karena hanya 21 orang (70%) saja yang mencapai nilai KKM, sedangkan pencapaian hasil belajar siswa tercapai apabila siswa di kelas tersebut paling sedikit 85% telah mencapai nilai KKM.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII SMPN 1 BANDA ACEH (IRWANDA T. SUDIRMAN, 2015)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING PADA MATERI PERJUANGAN MENCAPAI KEMERDEKAAN INDONESIA PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 46 RNBANDA ACEH (NURUL FADHILLA, 2015)

EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) PADA MATERI MENYAMPAIKAN ISI TEKS DONGENG SISWA KELAS III SD NEGERI 14 BANDA ACEHRN ROLE PLAYING (BERMAIN PERAN) PADA MATERI RNMENYAMPAIKAN ISI TEKS DONGENG RNSISWA KELAS III SD NEGERI 14 RNBANDA ACEH (EVINDA, 2014)

THE USE OF ROLE PLAYING TECHNIQUE IN TEACHING SPEAKING (Rizki Yuliana, 2016)

PENERAPAN PENDEKATAN REACT PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DI KELAS VII MTSN RUKOH BANDA ACEHTAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Siti Indira Jannah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy