//

KEMAMPUAN SPASIAL SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Mawaddatawwarahmah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Mempelajari bangun ruang sisi datar sebagai salah satu bagian dari geometri dituntut menggunakan kemampuan imajinasi dalam menentukan posisi dan ukuran suatu objek dalam ruang atau disebut juga kemampuan spasial (spatial sense). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan spasial siswa, adanya kesulitan kemampuan spasial dan kesulitan kemampuan spasial mana saja yang dialami siswa dalam menyelesaikan masalah terkait dengan materi bangun ruang sisi datar di kelas VIII SMP Negeri 6 Banda Aceh. Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan pendekatan kualitatif jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian dipilh secara acak yaitu kelas VIII-1 yang berjumlah 26 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara melakukan tes kemampuan spasial berbentuk pilihan ganda sebanyak 15 soal dan wawancara. Kemampuan spasial yang akan ditelusuri kesulitan yang dialami siswa ada 5 bagian yaitu: Spatial Perception, Spatial Visualization, Mental Rotation, Spatial Relation dan Spatial Orientation. Tes kemampuan spasial dilakukan untuk melihat kemampuan spasial siswa dalam menyelesaikan masalah materi bangun ruang sisi datar, sedangkan wawancara bertujuan untuk mengetahui lebih detail kesulitan spasial mana sajakah yang dialami siswa dalam menyelesaikan masalah yang tekait dengan bangun ruang sisi datar. Simpulan penelitian ini adalah Siswa yang memiliki kemampuan spasial bagian Spatial Perception (27%), Spatial Visualization (81%), Mental Rotation (46%), Spatial Relation (38%) dan Spatial Orientation sebanyak (81%). Siswa mengalami kesulitan kemampuan spasial dalam menyelesaikan masalah materi bangun ruang sisi datar dan kesulitan yang dialami meliputi bagian: Spatial Perception (73%), Spatial Visualization (19%), Mental Rotation (54%) Spatial Relation (62%) dan Spatial Orientation (19%).

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN SPASIAL SISWA PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (Cut Mawaddatawwarahmah, 2016)

PENGGUNAAN SOFTWARE CABRI 3D PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII SMPN 6 BANDA ACEH (Onas Rahman, 2016)

PENERAPAN PENDEKATAN SOMATIS AUDITORI VISUALDAN INTELEKTUAL (SAVI) PADA MATERI BANGUN RUANG SISWA KELAS VIII MTSN MODEL KOTA BANDA ACEH (Andry Yuwanda, 2017)

KEMAMPUAN SPASIAL SISWA DALAM MENGGAMBAR BANGUN RUANG MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI KELAS IV SD KOTA BANDA ACEH (Nina Helmira, 2015)

PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DI KELAS VIII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2015/2016 (masyithah, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy