//

PELAKSANAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY PT. PERTAMINA EP DI KECAMATAN RANTAU ACEH TAMIANG (ANALISIS ASPEK SOSIAL, POLITIK DAN EKONOMI)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ari Wiratama - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tanggung jawab sosial perusahaan, atau yang sering disebut dengan Corporate Social Responbility (CSR) adalah bertujuan memberikan kontribusi dalam memecahkan permasalahan sosial, meningkatkan nilai dan budaya perusahaan yang terintegrasi dengan strategi bisnis perusahaan serta memberikan pertanggung jawaban sosial terhadap masyarakat di sekitar tempat perusahaan beroperasi. Melihat hal ini maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengambilan keputusan berkaitan dengan Program CSR yang dilakukan PT Pertamina EP di Kecamatan Rantau, serta untuk mengetahui Pelaksanaan Program CSR yang dilakukan oleh PT Pertamina EP di Kecamatan Rantau. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis metode deskriptif. Adapun teknik pengambilan informan dilakukan secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori Ekonomi Politik dan teori Pembangunan Ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan CSR PT Pertamina EP Field Rantau tidak didasarkan pada rasa belas kasihan atau sebagai tindakan reaktif atas ketidak puasan masyarakat yang menuntut perusahaan untuk menentaskan aliran uangnya untuk membantu kehidupan masyarakat disekitar perusahaan. Tetapi dikarenakan adanya kepentingan ekonomi politik pemerintah dan perusahaan serta adanya dasar hukum yang ada yaitu UU tentang Perseroan Terbatas dan Qanun No 7 Tahun 2014, dan di tambah dengan tanggung jawab perusahaan harus melakukan tindakan kepedulian yang dilakukan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Serta Dalam pelaksanaan program CSR oleh PT Pertamina EP Field Rantau terdapat dua alternatif skema CSR yang memungkinkan untuk diimplementasikan, yaitu Partisipatif Pasif dan Model Partisipatif Aktif.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN CORPORATE FINANCIAL PERFORMANCE TERHADAP CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITYRN(STUDI PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA) (MAULIDAN, 2015)

THE INFLUENCE OF CORPORATE PROFITABILITY AND CORPORATE LIQUIDITY ON CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DISCLOSURE (AN EMPIRICAL STUDY IN MANUFACTURING COMPANY LISTED ON INDONESIA STOCK EXCHANGE YEAR 2011-2015) (Fadli Nora Iranda, 2017)

DAMPAK PARTISIPASI MASYARAKAT DAN STAKEHOLDER TERHADAP PROGRAM CSR (SUATU PENELITIAN DI KECAMATAN KARANG BARU KABUPATEN ACEH TAMIANG PT. PERTAMINAEP FIELD RANTAU) (CUT NURWINDA, 2016)

PENGARUH CORPORATE SOSIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (Eka Junaida, 2014)

PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN DAN IMPLIKASINYA PADA NILAI PERUSAHAAN PERBANKAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (Anhar Firdaus, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy