//

UJI KETAHANAN BEBERAPA GALUR POTENSIAL DAN VARIETAS PADI INTRODUKSI TERHADAP SERANGAN WERENG BATANG COKLAT (NILAPARVATA LUGENS STAL.) SECARA INVITRO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Syukran - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui galur atau varietas padi yang mempunyai resistensi terhadap serangan Wereng Batang Coklat (Nilaparvata lugens Stal.) sehingga galur atau varietas ini layak dilepaskan untuk digunakan pada tingkat petani. Penelitian ini telah dilaksanakan di Laboratorium Hama Tanaman dan Rumah Kasa Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini berlangsung sejak Mei 2015 hingga November 2015. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) non faktorial yang terdiri dari 11 perlakuan dengan setiap perlakuan diulang sebanyak 3 kali. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa indentifikasi tingkat ketahanan terhadap serangan WBC bisa dilaksanakan secara cepat dengan analisis secara invitro. Varietas Zhangzhan 1 merupakan salah satu varietas introduksi paling tahan terhadap serangan WBC yang tingkat ketahanannya hampir sama dengan varietas pembanding tahan (Ciherang). Galur C3 dan C4 merupakan galur yang agak tahan terhadap serangan WBC dengan tingkat ketahanan yang hampir sama dengan varietas agak tahan (IR64). Sedangkan galur S3 dan S6 merupakan galur yang rentan terhadap serangan WBC. Kata kunci : Nilaparvata lugens Stal., uji ketahanan.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI KETAHANAN BEBERAPA GALUR POTENSIAL DAN VARIETAS PADI INTRODUKSI TERHADAP SERANGAN WERENG BATANG COKLAT (NILAPARVATA LUGENS STAL.) DI RUMAH KASA (nizamuddin, 2016)

PERFORMANSI KARAKTER AGRONOMI PADI TURUNAN (F1) DARI HASIL PERSILANGAN ANTARA VARIETAS LOKAL ACEH DENGAN VARIETAS INTRODUKSI (Vini Amelia, 2015)

PENGARUH BIOREPELENT BERBAHAN DASAR BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM L.) TERHADAP INTENSITAS SERANGAN HAMA BELALANG DAN WERENG BATANG COKELAT PADA PADI VARIETAS SIGUPAI DAN INPARI 32 PADA FASE VEGETATIF (Indra Darmawan, 2018)

PERTUMBUHAN DAN PRODUKTIFITAS BEBERAPA VARIETAS PADI (ORYZA SATIVA L.) INTRODUKSI DAN GALUR POTENSIAL PADA DUA MUSIM TANAM (FERI ALFIAN, 2016)

PERFORMANSI HASIL PERSILANGAN BEBERAPA VARIETAS RNDAN GALUR PADI (ORYZA SATIVA L.) INTRODUKSI DAN RNINDONESIA (SARAH NURUL FITRIA, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy