//


Notice: Undefined variable: authorss in /var/www/html/lib/detail.inc.php on line 470

Notice: Undefined variable: authorss in /var/www/html/lib/detail.inc.php on line 495

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GUIDED TEACHING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XI SMAN 9 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang
SubjectEDUCATIONAL PSYCHOLOGY
COOPERATIVE LEARNING
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: Model Pembelajaran Guided Teaching, Prestasi belajar Penelitian yang berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Guided Teaching Terhadap Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI SMA Negeri 9 Banda Aceh”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil prestasi belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe guided teaching dan perbandingannya dengan metode konvensional pada mata pelajaran sejarah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 9 Banda Aceh. Sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPA2 dan XI IPA3. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara tes terakhir (post tes), sedangkan teknik pengolahan dan analisis data menggunakan rumus korelasi produc moment dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa lebih baik pada kelas exsperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Perhitungan korelasi (r) untuk mencari pengaruh variable X dan Y diperoleh hasil sebesar r= 0,97, yang menunjukkan nilai korelasi yang sangat tinggi, dan juga diperoleh hasil dari uji hipotesis (uji t) yaitu thitung 30,75 dan ttabel 1,68 dengan taraf signifikan 0,05, sehingga H1 diterima Ho ditolak yang berararti terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe guided teaching dalam meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa kelas XI SMA Negeri 9 Banda Aceh.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE KARTU ARISAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMAN 1 SEULIMUM (Zurriati, 2018)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS X SMAN 6 BANDA ACEH (DYAH NURSINA, 2013)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SPOTLIGHT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMAN 1 BAITUSSALAM (Runi Afrurida, 2016)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SEND A PROBLEM (MENGIRIM MASALAH) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X SMAN 1TEUNOM (RINALDI, 2016)

PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ARTIKULASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS RNXI SMAN 8 BANDA ACEH (Sri Ramadiana, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy