//

ANALISIS UNGKAPAN PERUMPAMAAN DALAM BAHASA JAMEE

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Salmina - Personal Name
SubjectACEH (JAMEE) LANGUAGE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian yang berjudul “Analisis Ungkapan Perumpamaan dalam Bahasa Jamee” ini mengkaji masalah Ungkapan Perumpamaan dalam Bahasa Jamee. Rumusan masalah penelitian ini adalah jenis-jenis ungkapan perumpamaan yang terdapat dalam bahasa Jamee, makna ungkapan perumpamaan yang terdapat dalam bahasa Jamee. Sumber data penelitian ini adalah penutur bahasa Jamee di Kecamatan Labuhanhaji Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ini adalah teknik simak dan teknik catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ungkapan perumpamaan dalam bahasa Jamee terdapat empat jenis ungkapan perumpamaan, yakni: (1) ungkapan dengan nama binatang, yaitu (a) ayam, (b) burung, (c) bebek, (d) ulat, (e) semut, (f) cacing, (g) kucing, (h) kambing, (i) katak, (j) tikus, (k) kerbau, (l) gajah, (m) anjing, (n) kera, (2) ungkapan dengan nama tumbuhan, yaitu (a) tumbuhan yang berbiji belah, dan (b) tumbuhan berbiji tunggal, (3) ungkapan dengan benda-benda alam, yaitu (a) api, (b) bulan, (c) air, (d) siang, (e) malam, (f) bintang, dan (g) batu. (4) ungkapan dengan bagian tubuh, yaitu (a) muka, (b) bibir, (c) tangan, (d) perut, dan (e) hidung. Makna ungkapan perumpamaan yang terdapat dalam bahasa Jamee, yaitu makna kiasan.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERBANDINGAN KOSAKATA DALAM BAHASA JAMEE DAN MINANG (Yunisaridewi, 2014)

ANALISIS KOMPARATIF ANTARA BAHASA JAMEE PERANTAUAN DI BANDA ACEH DAN BAHASA MINANGKABAU BUKITTINGGI PERANTAUAN DI TAKENGON (Novia Erwandi, 2018)

CAMPUR KODE BAHASA INDONESIA KE DALAM PENGGUNAAN BAHASA JAMEE RAGAM LISAN PADA MAHASISWA ASAL ACEH SELATAN (Heni Awja Santia, 2015)

ANALISIS UNGKAPAN PERUMPAMAAN HEWAN DALAM BAHASA ACEH DI WILAYAH ACEH TIMUR (Nurhayati, 2018)

BENTUK DAN MAKNA TEKA-TEKI DALAM MASYARAKAT JAMÈE DI KECAMATAN LABUHANHAJI (FITRIA SAPUTRI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy