//

NILAI ORGANOLEPTIK DAGING BROILER DENGAN PENAMBAHAN PREBIOTIK IMMUNO FORTE®PADA BERBAGAI LEVEL BERBEDA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang M. Reza Pangestu - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan prebiotik Immuno forte®selama pemeliharaan terhadap nilai organoleptik daging ayam broiler meliputi warna, rasa, aroma dan tekstur. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Lapangan Peternakan (LLP) Program Studi Peternakan Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, mulai tanggal 22 Agustus sampai dengan 21September 2015. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 ekor DOC ayam broiler CP 707 StrainArbor Acres produksi PT. Charoen Pokphand, yang diberi ransum komersial R511 hi pro vitepriode starterdan R512 bravo priode finisher.Penelitian ini terdiri atas 4 perlakuan yaitu:P0(0 mL Immuno forte®/3 L air ), P1 (0,5 mL Immuno forte®/3 L air), P2(1 mL Immuno forte®/3 L air), P3 (1.5 mL Immuno forte®/3 L air) dan P4 (2 mL Immuno forte®/3 L air).Peubah yangdinilai secara organoleptik meliputi warna, aroma, rasa, dan tekstur daging dada ayam broiler yang telah dipanggang, dengan melibatkan 25 orang panelis semi terlatih.Penilaian organoleptik berdasarkan skala hedonik 1 sampai 5, dimana 1= sangat tidak suka, 2 = tidak suka, 3 = netral, 4 = suka, 5 = sangat suka.Hasil penelitian menunjukkan penambahan Immuno forte® dalam air minum selama pemeliharaan tidak berpengaruh negatif terhadap nilai organoleptik yang meliputi warna, aroma, rasa, dan tekstur daging ayam broiler. Secara umum, semua parameter pada perlakuan masih berada pada kisaran skor 3,57 – 3,79 yang berarti dapat diterima oleh panelis dengan kategori pada umumnya mendekati suka. Kata kunci: PrebiotikImmuno forte®,Daging Broiler, Uji Organoleptik.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS USAHA AYAM BROILER YANG MENGGUNAKAN PREBIOTIK IMMUNO FORTE (Agus Setiawan, 2017)

NILAI ORGANOLEPTIK DAGING BROILER DENGAN PENAMBAHAN PREBIOTIK IMMUNO FORTE®PADA BERBAGAI LEVEL BERBEDA (M. Reza Pangestu, 2016)

PENGARUH PEMBERIAN PREBIOTIK IMMUNO FORTE® DENGAN LEVEL BERBEDA TERHADAP PERFORMA AYAM BROILER (Mirza, 2016)

PENGARUH TINGKAT CEMARAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI TERHADAP NILAI ORGANOLEPTIK PADA DAGING PAHA AYAM BROILER (GALLUS GALLUS DOMESTICUS) (Sri Rezeki Handa Nuryani, 2017)

EVALUASI ORGANOLEPTIK DAGING DAN BOBOT ORGAN DALAMAYAM BROILER DENGAN PEMBERIAN RANSUM KOMERSILYANG SEBAGIAN DISUBSTITUSIDENGAN MENIR DAN BUNGKILKELAPA SERTA PENAMBAHAN PROBIOTIK MAROLIS (Said Mirza Pratama, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy