//

EVALUASI FASILITAS PELAYANAN DAN KAPASITAS TERMINAL TIPE A KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Hariansyah - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kota Banda Aceh merupakan ibukota Provinsi Aceh dan pusat pemerintahan serta pusat kegiatan segala bidang seperti perekonomian, pendidikan, industri dan sebagainya. Terminal Batoh Kota Banda Aceh yang bertipe A merupakan titik simpul pergerakan di wilayah Kota Banda Aceh. Terminal Batoh yang terletak di Jalan Dr. Muhammad Hasan dan berada di Desa Batoh Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh merupakan prasarana transportasi jalan untuk keperluan menurunkan dan menaikkan penumpang, perpindahan intra dan/atau antar moda transportasi serta mengatur kedatangan dan pemberangkatan kendaraan umum. Membahas persoalan terminal tidak terlepas dari permasalahan angkutan umum, ketersediaan fasilitas dan waktu pelayanan. Melihat permintaan perjalanan yang semakin tinggi dan perkembangan moda transportasi bus maka ketersediaan kapasitas dan fasilitas sangatlah mendukung pelayanan terminal. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan mengevaluasi kapasitas, pelayanan dan fasilitas Terminal Batoh Kota Banda Aceh pada kondisi saat ini. Evaluasi pelayanan dan kapasitas terminal menganalisis dwell time dan headway bus AKAP dengan metode field measurements dari TCQSM dan fasilitas pelayanan teminal dengan metode analisis deskriptif kualitatif. Penelitian ini mengacu pada Keputusan Menteri Perhubungan Nomor 31 Tahun 1995 tentang Terminal Transportasi Jalan dan TCQSM 2nd edition by Transportation Research Board of The National Academies. Dengan demikian hasil yang didapatkan dapat memberikan suatu saran atau gagasan kepada pihak pengambil keputusan. Hasil dari penelitian ini yaitu terminal Tipe A Kota Banda Aceh menduduki tingkat pelayanan C pada saat sibuk dan tingkat pelayanan B pada saat tidak sibuk. Headway rata-rata bus AKAP yaitu 5,495 menit dan dwell time rata-rata 1,07 jam dengan kapasitas bus AKAP 28 bus per jam. Kata Kunci : pelayanan terminal, headway, dwell time, fasilitas terminal

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

EVALUASI KEBUTUHAN LAHAN PARKIR DI TERMINAL BATOH KOTA BANDA ACEH (Lukman, 2014)

TERMINAL ANGKUTAN UMUM TIPE B DI LHOKSUKON, ACEH UTARA (indra syarbaini, 2015)

TERMINAL BUS TIPE A KOTA LANGSA (T. Taufiqqurrahman, 2016)

PERKEMBANGAN ANGKUTAN KOTA DI KOTA BANDA ACEH, 1950-2015 (Eva Avini, 2017)

EVALUASI KINERJA EKSISTING DAN PENGEMBANGAN BANGUNAN TERMINAL PENUMPANG DOMESTIK BANDAR UDARA INTERNASIONAL SULTAN ISKANDAR MUDA ACEH BESAR (Nisaul Jannah, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy