//

APLIKASI BEBERAPA FUNGISIDA NABATI DENGAN BERBAGAI DOSIS UNTUK MENGENDALIKAN PENYAKIT LAYU FUSARIUM (FUSARIUM OXYSPORUM) PADA TANAMAN TOMAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rahmi Hayati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Tomat merupakan salah satu komoditas hortikultura yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi serta mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh manusia seperti vitamin C, vitamin A dan mineral. Dewasa ini produksi tomat mengalami penurunan akibat serangan penyakit layu Fusarium yang ditandai dengan pucatnya tulang-tulang daun, terutama daun-daun sebelah atas dan terkadang daun sebelah bawah. Penyakit ini disebabkan oleh patogen Fusarium oxysporum f.sp lycopersici. Pertumbuhan dan perkembangan patogen ini perlu dikendalikan secara efektif dan efisien. Salah satu upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan senyawa kimia yang berasal dari tumbuhan, yaitu daun sirsak, nimba dan cengkeh dengan berbagai dosis. Dimana daun tersebut mengandung senyawa yang bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan patogen Fusarium oxysporum. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap pola Faktorial dengan 12 perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis fungisida nabati tepung daun nimba dengan dosis 50 g/polibag bisa menghambat pertumbuhan dan perkembangan Fusarium. Kata kunci : Tomat, Fusarium oxysporum, fungisida nabati.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KOMBINASI JENIS PELET TRICHODERMA HARZIANUM DAN DOSIS APLIKASI DALAM MENGENDALIKAN PENYAKIT LAYU FUSARIUM DI PEMBIBITAN TOMAT (Wahyuni, 2017)

POTENSI BEBERAPA FORMULASI CAIR BAKTERI ENDOFIT ASAL TANAMAN TOMAT SEBAGAI AGENSIA PENGENDALIAN PENYAKIT LAYU FUSARIUM PADA BIBIT TOMAT (SITI FADHILLAH Br. SINAGA, 2018)

KOMBINASI BEBERAPA DOSIS DAN SPESIES TRICHODERMA FORMULASI PELET DALAM MENEKAN PERKEMBANGAN JAMUR FUSARIUM OXYSPORUM F.SP CAPSICI DI PEMBIBITAN CABAI MERAH (CAPSICUM ANNUM L. ) (Frara Efeseli Fakhdian, 2018)

APLIKASI BEBERAPA BENTUK FORMULASI TRICHODERMA SPP DALAM MENGENDALIKAN PENYAKIT LAYU FUSARIUM PADA TANAMAN TOMAT (Muhammad Fazil, 2018)

UJI EFEKTIVITAS BEBERAPA JAMUR ENDOFIT UNTUK MENEKAN SERANGAN FUSARIUM OXYSPORUM PADA PEMBIBITAN PISANG (MUSA PARADISIACA) (Cut Meutia, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy