//

PENGUJIAN KETAHANAN KEKERINGAN PADI MUTAN HASIL IRRADIASI SINAR GAMMA PADA MEDIA IN VITRO

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Gusfa Arlian Putra - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kekeringan merupakan ancaman utama dalam produksi padi di dunia. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan menggunakan varietas unggul hasil irradiasi sinar gamma. Penelitian ini bertujuan untuk menguji ketahanan padi mutan hasil irradiasi sinar gamma terhadap kekeringan serta mendapatkan galur M3 yang tahan terhadap kekeringan secara dini melalui pengujian secara in vitro. Rancangan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial dengan 2 faktor dan 3 ulangan. Galur padi yang digunakan dalam penelitian ini antara lain Inpari 10 Laeya, IR64, Sanbei, Sanberasi Unsyiah 1, Sanberasi Unsyiah 4 dan Sanberasi Unsyiah 5. Polyethylene Glycol (PEG) 6000 digunakan sebagai penginduksi kekeringan dengan 3 konsentrasi berbeda yaitu 0%, 5% dan 10%. Parameter yang diamati antara lain potensi tumbuh maksimum, daya berkecambah, kecepatan tumbuh, indeks vigor, keserempakan tumbuh, berat kecambah total dan berat kecambah normal. Hasil penelitian mendapatkan bahwa galur Sanberasi Unsyiah 5 memiliki nilai persentase tertinggi pada semua parameter viabilitas dan vigor benih begitu pula pada kedua parameter berat kecambah kemudian diikuti dengan Sanberasi Unsyiah 4 dan Sanberasi Unsyiah 1. Konsentrasi pada taraf PEG 10% menunjukkan perbedaan yang nyata dengan taraf 5% dan kontrol. Baik nilai persentase perkecambahan maupun berat kecambah terendah dijumpai pada konsentrasi PEG 10%. Kata Kunci : Padi Mutan, PEG 6000, Kultur In Vitro

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

RESPON GENOTIPE PADI MUTAN M3 (ORYZA SATIVA L.) HASIL RADIASI SINAR GAMMA TERHADAP CEKAMAN KEKERINGAN PADA SISTEM BUDIDAYA ORGANIK (DEWI JUNITA, 2017)

PERFORMANSI MORFO-AGRONOMIS PADA PADI (ORYZA SATIVA L.) GALUR MUTAN GENERASI (M4) HASIL IRADIASI SINAR GAMMA (Ria Kurnia, 2018)

STUDI KEKERINGAN DAN DAMPAKNYA TERHADAP PRODUKSI TANAMAN PADI DI KECAMATAN INDRAPURI KABUPATEN ACEH BESAR (sutarni, 2016)

UJI POTENSI HASIL DAN SIFAT FISIKOKIMIA PADI (ORYZA SATIVA L.) MUTAN M3HASIL IRADIASI SINAR GAMMA (Dara Maulina, 2017)

PENINGKATAN KUALITAS BERAS (ORYZA SATIVA L.) HASIL IRADIASI SINAR GAMMA PADA GENOTIPE M6 (Rahmi Aurya Bella, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy