//

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOA-SOAL TRIGONOMETRI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 12 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang mursyidah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mursyidah. 2016. Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Trigonometri pada Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Suryawati, M.Pd, (2) Drs. Budiman, M.Si Kata Kunci: Analisis kesulitan siswa, Trigonometri Matematika sangat berperan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Matematika diajarkan kepada siswa mulai dari jenjang pendidikan dasar, menengah hingga perguruan tinggi. Namun, pada kenyataannya tidak sedikit siswa beranggapan bahwa matematika itu sulit dipahami. Hal ini dapat dilihat dari hasil survei Programme for International Student Assessment (PISA) terakhir, kemampuan literasi matematika siswa indonesia sangat rendah. Indonesia menempati peringkat 64 dari 65 negara peserta. Selain itu, berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 12 Banda Aceh dengan mewawancarai seorang guru matematika mengatakan bahwa siswa masih mengalami kesulitan pada beberapa materi, diantaranya trigonometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan dan penyebab kesulitan yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan soal-soal trigonometri. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 4 SMA Negeri 12 Banda Aceh yang berjumlah 27 orang siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes penguasaan materi trigonometri berbentuk essay sebanyak 7 soal, setelah dilakukannya tes disertai dengan mewawancarai siswa yang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal trigonometri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMA Negeri 12 Banda Aceh masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal trigonometri. Kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dapat dikatagorikan menjadi 3 jenis kesulitan, yaitu konsep, prinsip dan verbal. Siswa yang mengalami kesulitan konsep sebanyak 17%, kesulitan Prinsip sebanyak 19% dan kesulitan verbal sebanyak 85%.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL EVALUASI MATEMATIKA SEMESTER II KELAS VRNSD NEGERI 8 BANDA ACEH (fajarina, 2015)

TINGKAT BERPIKIR DAN KESULITAN SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS XI SMA LABORATORIUM UNSYIAH BANDA ACEH TAHUN PELAJARAN 2013/2014 (Intan Sari, 2014)

PENERAPAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENGATASI KESULITAN SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS X SMA NEGERI 1 KABUPATEN GAYO LUES. (OESEA SATIVA, 2018)

ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 LABUHAN HAJI TIMUR (Sri Utami, 2015)

KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BANGUN RUANG DI KELAS IV SD NEGERI 71 BANDA ACEH (Nurul Akmal, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy