//

PENENTUAN PRIORITAS PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR PARIWISATA DI PULAU WEH-ACEH DENGAN MENGGUNAKAN METODE LOCATION QUOTIENT (LQ) DAN ANALISIS NETWORK PROSES (ANP)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Herry Akbar - Personal Name
SubjectCITY PLANNING - CIVIC ART
TOURISM - INDUSTRY
DESIGN - ENGINEERING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Teknik Sipil
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Posisi geografisnya yang berada pada garis khatulistiwa, menjadikan Indonesia sebagai negara tropis. Topografi pulau-pulau yang beragam, terdiri dari danau, pegunungan dan salah satu yang memiliki garis pantai terpanjang. Ini menyebabkan Indonesia memiliki berbagai objek wisata yang indah dan menjadi daya tarik dari wisatawan mancanegara. Pulau Weh (atau We) adalah pulau vulkanik kecil yang terletak di Barat Pulau Sumatra. Pulau ini terletak di Laut Andaman dengan kota Sabang sebagai ibu kotanya dan merupakan kota yang berada paling Barat Indonesia. Infrastruktur merupakan suatu perangkat dasar guna mendukung aspek pariwisata tersebut, dimana bangunan dan institusi pelayanan yang keberadaannya sangat penting untuk pengelolaan yang tepat guna memenuhi kebutuhan ekonomi dan masyarakat. Dengan menggunakan metode pengambilan keputusan yaitu, Location Quotient (LQ) guna menentukan daerah wisata yang berpotensi, dan kemudian di tentukan prioritas infrastruktur yang mendukung daerah tersebut dengan metode Analytic Network Process (ANP). Dimana metode ANP ini melibatkan pakar dibidangnya untuk mengisi kuisioner. Diharapkan dari hasil penelitian ini nantinya dapat membantu pemerintah kota Sabang dalam menentukan prioritas pembangunan infrastruktur yang mendukung salah satu sektor andalan kota Sabang yaitu Pariwisata. Dari hasil penelitian didapatkan Teupin Layeu dan Gapang serta Pulau Rubiah memiliki prioritas tertinggi untuk dikembangkannya infrastruktur penginapan/akomodasi. Kemudian disusul dengan infrastruktur parkir di Teupin Layeu dan akses jalan menuju km 0. Hasil penelitian ini sebagian telah direkomendasikan dan di dalam tahap realisasi, seperti akses jalan ke km 0, tempat parkir di km 0 dan juga tempat parkir di Teupin Layeu. Kata kunci: Infrastruktur, pariwisata, prioritas, Sabang, Weh, ANP, LQ

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROMOSI DINAS KEBUDAYAAN PARIWISATA PEMUDA DAN OLAHRAGA DALAM MENJADIKAN KOTA TAPAKTUAN SEBAGAI KOTA PARIWISATA (Cut Surita Dessy, 2016)

ANALISIS PENENTUAN LOKASI : STUDI KASUS INDUSTRI RUMAH TANGGA (HOME INDUSTRY) DI WILAYAH KOTA BANDA ACEH (Cut Triyuna Octiananda, 2016)

PENENTUAN SKALA PRIORITAS PROYEK PEMBANGUNAN JALAN DI KABUPATEN ACEH JAYA (Rahmad Fuadi, 2017)

SRATEGI PUBLIC RELATION DALAM PROMOSI WISATA ISLAMI (STUDI DESKRIPTIF DINAS PARIWISATA KOTA BANDA ACEH) (Bayu Ananda, 2018)

ANALISIS PENENTUAN KOMODITAS UNGGULAN SUB SEKTOR HORTIKULTURA DI KABUPATEN ACEH BARAT (Risha Muliana, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy