//

KARAKTERISTIK TUMBUHAN PAKAN MONYET EKOR PANJANG (MACACA FASCICULARIS) DI DESA RITING KAWASAN HUTAN KRUENG JREU, KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang YASMANIJAR - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Yasmanijar.2016. Karakteriktik Tumbuhan Pakan Monyet Ekor Panjang (Macaca fascicularis) di Desa Riting Kawasan Hutan Krueng Jreu, Kabupaten Aceh Besar. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Hasanuddin, M.Si., (2) Dr. Abdullah, M.Si. Kata kunci: habitat, monyet ekor panjang, karakteristik pakan. Kerusakan habitat akibat aktivitas manusia menyebabkan terjadinya kesulitan dalam menemukan pakan bagi monyet ekor panjang yang tinggal di sekitar kawasan Hutan Krueng Jreu, Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) jenis tumbuhan pakan monyet ekor panjang yang terdapat di Desa Riting kawasan Hutan Krueng Jreu, Kabupaten Aceh Besar, (2) karakteristik tumbuhan pakan monyet ekor panjangdi Desa Riting kawasan Hutan Krueng Jreu, Kabupaten Aceh Besar, (3) tingkat ketersediaan pakan monyet ekor panjang di Desa Riting kawasan Hutan Krueng Jreu, Kabupaten Aceh Besar. Pendekatan yang digunakan pada penelitiaan ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik observasi dan wawancara.Observasi dilakukan untuk menentukan letak tumbuhan pakan pada masing-masing vegetasi dengan metode garis transek, wawancara dilakukan untuk mengetahui jenis tumbuhan pakan. Analisis data jenis dan karakteristik tumbuhan pakan monyet ekor panjang dilakukan dengan mengamati morfologi tumbuhan pakan itu sendiri.Analisis data tingkat ketersediaan pakan monyet ekor panjang dilakukan dengan mencari frekuensi ketersediaan pakan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil analisis data karakteristik tumbuhan pakan monyet ekor panjang sebagai berikut; (1) ditemukan 16 jenis tumbuhan pakan monyet ekor panjang, 9 diantaranya berasal dari tumbuhan budidaya, 8 lainnya merupakan tumbuhan yang hidup di daerah hutan, (2) karakteristik tumbuhan pakan monyet ekor panjang berupa tumbuhan yang memiliki buah dengan warna mencolok, beraroma dan manis, daun muda yang lunak dengan tekstur perkamen serta bunga yang memiliki kandungan nektar yang banyak, (3) tingkat ketersediaan pakan monyet ekor panjang tergolong sedikit dengan presentase rata-rata 0-4.5%. Simpulan penelitian ini adalahaktivitas manusia yang dapat merusak kelestarian habitat alami monyet ekor panjang berpengaruh terhadapat jenis, karakteristik, dan ketersediaan tumbuhan pakan di daerah tersebut dimana monyet ekor panjang tidak lagi mengkonsumsi pakan yang ada di hutan tetapi lebih memilih mencari tumbuhan budidaya yang ada di perkebunan masyarakat yang jumlahnya tergolong sedikit untuk memenuhi kebutuhan monyet ekor panjang dalam jangka waktu yang lama.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMANFAATAN HABITAT OLEH MONYET EKOR PANJANG (MACACA FASCICULARIS) DI KAWASAN PROGRAM REHABILITASI HUTAN MANGROVE GAMPONG PANDE KECAMATAN KUTA RAJA KOTA BANDA ACEH (Dika Faulizar, 2016)

DESKRIPSI AKTIVITAS HARIAN MONYET EKOR PANJANG (MACACA FASCICULARIS) DI KAWASAN SEUNAPIT SEULAWAH KABUPATEN ACEH BESAR (Putri Desriana, 2015)

STUDI PRILAKU MAKAN MONYET EKOR PANJANG (MACACAFASCICULARIS) DI DAERAH TAMAN WISATA PULAU WEH SABANG (Maryori Firdaus, 2014)

STRUKTUR POPULASI DAN STRATIFIKASI HABITAT MONYET EKOR PANJANG (MACACA FASCICULARIS) DI HUTAN LINDUNG KAWASAN IBOIH KOTA SABANG (Frida Fadwa, 2016)

DESKRIPSI PERILAKU KERA EKOR PANJANG (MACACA FASCICULARIS) MENCARI TEMPAT TIDUR (SLEEPING SITE) DI KAWASANRNWISATA MATA IE KECAMATAN DARUL IMARAH RNKABUPATEN ACEH BESAR (muzdalifah, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy