//

EFEKTIVITAS CORYNEBACTERIUM SP. UNTUK MENGENDALIKAN PENYAKIT HAWAR DAUN BAKTERI PADA TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang rizka zahara - Personal Name

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Corynebacterium sp. untuk mengendalikan penyait Hawar Daun Bakteri pada tanaman padi (Oryza sativa L.) Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) Faktorial yang terdiri atas 2 faktor yaitu faktor konsentrasi dan waktu aplikasi. Faktor pertama terdiri atas 3 taraf konsentrasi Corynebacrerium sp.yaitu: 3cc/liter air (K1), 5cc/liter (K2), dan 7cc/liter (K3), dan faktor kedua terdiri atas 3 tarafwaktu aplikasi Corynebacterium sp. yaitu 28 HST sebelum inokulasi Xoo(W1), 35 HST bersamaan dengan inokulasi Xoo(W2) dan 42 HST setelah inokulasi Xoo (W3). Dengan demikian terdapat 9 kombinasi perlakuan. Peubah yang diamati meliputi masa ikubasi, tinggi tanaman, jumlah anakan dan intensitas penyakit tanaman padi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi berpengaruh nyata terhadap masa inkubasi dan tinggi tanaman namun konsentrasi tidak berpengaruh nyata terhadap jumlh anakan dan intensitas penyakit. Waktu aplikasi berpengaruh sangat nyata terhadap jumlah anakan dan berpengaruh nyata terhadap masa inkubasi, tinggi tanaman dan intensitas penyakit tanaman padi dan terdapat interaksi antara konsentrasi dengan waktu aplikasi pada jumlah anakan tanaman padi. Kata Kunci: Corynebacterium sp., Hawar Daun Bakteri, Oryza sativa L.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan isi formulir online (Formulir Online)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERTUMBUHAN, HASIL DAN KETAHANAN ENAM VARIETAS PADI (ORYZA SATIVA L.) TERHADAP PENYAKIT HAWAR DAUN BAKTERI (XANTHOMONAS ORYZAE PV ORYZAE) (Remilda Hanum, 2016)

PERTUMBUHAN DAN KETAHANAN TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.) HASIL PERSILANGAN ANTARA VARIETAS LOKAL DENGAN IR-BB 27 TERHADAP HAWAR DAUN BAKTERI (Nurdin, 2016)

UJI KETAHANAN BEBERAPA VARIETAS PADI TERHADAP PENYAKIT HAWAR DAUN XANTHOMONAS ORYZAE PV ORYZAE (feriza, 2014)

APLIKASI AGEN HAYATI FUNGI MIKORIZA ARBUSKULA UNTUK MENGENDALIKAN PENYAKIT HAWAR DAUN BAKTERI PADA BEBERAPA VARIETAS PADI SAWAH (Seri Yanti, 2017)

EFEK PAPARAN LOGAM BERAT TIMBAL (PB) TERHADAP KADAR KLOROFIL DAN STRUKTUR ANATOMI TANAMAN PADI (ORYZA SATIVA L.) (CHAIRUNNISA, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy